Percuma aja mbak dijelasin , pikirannya sudah terkungkung oleh konsep
ideal sebuah milis yaitu konsepnya milis-milis harokah.

Padahal sudah dijelaskan bahwa konsep milis ini adalah sebagai anti thesis
dari konsep milis Isnet dan Sabili yang tidak mengakomodir perbedaan dan
gampang menendang orang hanya karena perbedaan pandangan atau
golongan.Begitu juga dengan milis-milis yang didirikan orang harokah
belakangan seperti keadilan4all itu .

Milis ini toh bukan milis baru bahkan termasuk milis islam senior di
internet
dan yang pertama kali membuat konsep seperti ini.Dan konsep ini saya
pandang berhasil karena tujuannya adalah membuat milis yang bebas
tapi tidak anarkis macam di Istiqlal atau Proletar, dan misi ini sudah
tercapai.

Saya tidak mengatakan tidak ada yang di banned di milis ini , ada misal
si Agung Primamorista karena memailbomb milis ini , juga ada puluhan
orang lagi tanya aja ke moderator jumlah yang di banned dari milis ini
sebenarnya ada puluhan orang.Tapi mereka di banned bukan karena
mengemukakan pendapat melainkan karena jadi salesman sinting , kirim
e-mail porno , promosi situs porno , ngebajak e-mail orang dll.Yang
kesemuanya adalah tindak pelanggaran serius di internet.

Si Basuki  itu terus-menerus bikin tuduhan menghina Islam.Saya katakan
kepada dia saya sudah ikut milis perdebatan agama sejak awal 90 an ketika
ISP di Indonesia baru satu dan pengguna internet bisa dihitung dengan jari.
Dan di milis-milis semacam itu sudah dianggap kewajaran kalau para
membernya berusaha menyerang , menjatuhkan dan menjelek-jelekkan
agama saingannya.Silahkan liat milis-milis islamkristen , proletar ,
istiqlal dll

Jadi saya tau dengan baik bagaimana membedakan penghinaan terhadap
agama dan kritik ataupun sikap kritis terhadap agama.Dan ini adalah hal
yang sangat berbeda .Dan Basuki itu memandang orang-orang yang
mengeluarkan ide atau pikiran tentang Islam yang berbeda dengan ide
atau konsep yang dianutnya adalah tindak pelecehan terhadap agama,
dan bagi saya ini sangat menggelikan karenanya biar aja dia mencoba
mengintimidasi kami dengan ngirim tuduhan kafir kemana-mana, keinginannya
tidak akan dikabulkan.

Milis WM ini kami pandang sebagai rumah besar yang menaungi banyak
orang.Dan semua yang ada disini kami pandang sebagai bagian dari keluarga
besar apapun latar belakangnya.Begitu dia bergabung maka dia sudah masuk
dalam daftar keluarga karenanya kami akan melindungi hak-haknya untuk
mengeluarkan ide , pikiran dan gagasannya secara bebas disini dengan
diikat dengan kewajiban mematuhi aturan dasar diskusi yang umum berlaku
di milis-milis internet atau netiket.Bila ia melanggar kami akan
menjewernya,
tapi tidak akan pernah mengusirnya , karena kami tidak akan mengusir satupun
anggota keluarga kami keluar dari rumah ini, yang kami usur cuma tukang
sampah (spammer) , dan pelaku tindakan kriminal .

Dan kami menerima semua untuk jadi anggota keluarga besar ini dan tinggal
di rumah besar ini, tidak peduli ia diusir dimana-mana disini kami akan
menerimanya dengan tangan terbuka.

Dan yang kedua , disini kami tidak memaksakan satupun ide atau gagasan
tertentu.Semua orang disini kami anggap sebagai pribadi-pribadi unik yang
memiliki pikiran dan kharakternya sendiri-sendiri, mereka semua diberi
kebebasan penuh untuk mengeluarkan atau menyanggah ide atau gagasan
yang berkembang.Dan kami juga menganggap semua anggota disini adalah
orang-orang dewasa yang bisa memilih ataupun menentukan jalan yang
hendak dipilihnya sendiri dan bertanggung jawab penuh atas apa yang
telah dipilihnya.Jadi kami dari tim moderator tidak akan memaksa siapapun
disini untuk mengikuti ide atau gagasan tertentu , itu adalah hak pribadi
masing-masing anggota dan kami tidak akan mencampurinya.

Ini adalah filosofi dasar pembentukan milis ini , jadi kalau pikiran Pak
Basuki
itu masih terkungkung oleh konsep milis-milis ala harokah tentu tidak akan
mudah untuk memahaminya.Kami membangun konsep milis ini pun karena
beberapa dari kami diusir dan didzalimi dari sejumlah milis islam hanya
karena
mengeluarkan ide yang berbeda .Bila anda di pihak orang-orang yang gemar
menendang orang yang berbeda pendapat maka tentu saja anda tidak akan
memahami posisi kami dan posisi milis ini.