  From: Anita Tammy
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Sunday, August 21, 2005 23:44
  Subject: [wanita-muslimah] Re: Wanita Bekerja Diluar Rumah

  --- In [EMAIL PROTECTED], "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
  > berubah.  Kalimat mana yang menunjukkan ke kesimpulan itu? Bahkan
  > dari dulu saya bilang sebaliknya. Kodrat biologis itu nggak
  statis,
  > tapi perubahannya ultimate artinya melibatkan jangka yang sangat
  > panjang, ratusan, ribuan bahkan jutaan tahun. Artinya bukan dalam
  > ukuran usia manusia, makanya bagi kita 'seolah' kodrat biologis
  itu
  > nggak berubah.
  >
  > Sodara-sodara, kodrat biologis itu jelaslah berubah.  Kalo nggak
  > berubah kita masih tinggal di pohon. Thanks but no thanks.

  AT: Masak sih kodrat biologis ada hubungannya dengan tinggal di
  pohon atau tidak? Sepertinya mbak Ade sudah menjelaskan soal naluri
  untuk punya anak itu deh. Ada kodrat biologis yg tidak bisa berubah,
  yg dari dulu sejak manusia tinggal di pohon sampai sekarang tinggal
  di apartemen, kodrat perempuan tetaplah mengandung, melahirkan, dan
  menyusui (kecuali mereka yg mengalami kelainan dalam alat-alat
  tersebut di tubuhnya). Jadi, saya jadi ikut-ikutan nggak paham kata-
  kata mbak Mia soal kodrat biologis yg berubah.

  > Yang saya bilang emang naluri laki-laki dan perempuan itu nggak
  > sama. Why? KARENA SETIAP ORANG ITU UNIK. Kodrat setiap orang
  adalah
  > unik sejak lahir, bahkan tambah unik dengan pengalaman hidupnya
  > kemudian. Kodrat keunikan ini adalah hipotesa ilmiah yang bisa
  > diuji. Tolong didiskusikan kalau poin ini belum bisa dimengerti.

  AT: Mbak Mia, saya sependapat bahwa naluri setiap orang itu unik.
  Dan mbak Ade menuliskannya dengan contoh yang enak, yaitu naluri
  memasak pada dirinya. Mbak Ade nggak bilang kalau naluri memasak itu
  kodrat biologis, lho. Tanpa dia bilang pun, kita sudah tahu kalau
  naluri masak bisa dipunyai oleh perempuan maupun laki-laki (kalau
  nggak ya nggak mungkin ada Chef laki-laki yg enjoy dengan
  pekerjaannya di banyak hotel berbintang di seluruh dunia).

  Mungkin perlu diklarifikasi di sini:
  - Kodrat biologis bisa diidentifikasi dari naluri
  TAPI
  - Naluri tidak berarti mencerminkan kodrat biologis

  Begitu, bukan?

  Salam,
  Anita

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/aYWolB/TM
Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]