Sdr. Abdi,

Kita harus bisa membedakan antara gagasan untuk menegakkan amar ma'ruf nahy
munkar dan gagasan untuk membunuh seseorang. Ini jauh sekali bedanya seperti
jauhnya bumi dan langit. Sekularisme, Liberalisme dan Pluralisme itu berkaitan
dengan bagaimana kita hidup di dunia ini. SLP itu tidak berkaitan dengan upaya
untuk membunuh manusia, hewan, atau bahkan tumbuhan.

Bagi saya, Kanjeng Nabi Muhammad saw itu menerapkan prinsip SLP yang dibimbing
oleh Allah. Para kafir Quraisy (KQ) yang justru mengharamkan SLP. KQ menolak
keberadaan negara Madinah yang dipimpin Nabi Muhammad saw untuk hidup secara
plural. KQ menghasut orang-orang Yahudi dan Nasrani untuk memusuhi Nabi. KQ
memboikot sistem perekonomian yang dilakukan Nabi, sedangkan sebaliknya Nabi
mengajari orang muslim bisa berdagang dengan siapa saja.

Oleh karena itu, terhadap pemikiran yang berkembang di masyarakat Islam, kita
harus hidup penuh kearifan. Kita harus menyadari bahwa kita "buta" untuk
melihat isi pikiran atau isi hati orang lain. Maka, kita jangan mudah
menghakimi orang lain. Lain halnya, kalau mereka yang mengusung SLP itu mau
membunuhi kita, maka kita wajib mempertahankan diri kita. Itu pun Islam
melarang kita menjadi agresor. Inilah ajaran Islam sebagaimana yang tertuang
dalam QS 22:39, 2:190-192! Jangankan membunuh orang, berbuat melampaui batas
saja kita dilarang.

Wa billahi taufiq wal hidayah.

Wassalam,
chodjim