Pak Sutiyoso,

Kalau saya pribadi kurang sepedapat dengan pemikiran bahwa menikah
adalah sesuatu yang pasti membawa nilai lebih daripada tidak
menikah. Pada realitasnya banyak juga pernikahan yang justru lebih
membawa keburukan daripada kebaikan. Dan memilih untuk tidak menikah
bisa jadi lebih memberikan nilai yang berarti dan manfaat yang
banyak bagi seseorang.

ada banyak orang yang berpikir bahwa menikah adalah suatu keharusan
dari alur kehidupan yang harus dilalui seseorang sehingga jika
seseorang dalam menjalani kehidupan tanpa melewati fase/step menikah
di anggap negatif.

Kadang suka terdengar bisik-bisik tetangga yang mengatakn semisal "
eh, si A itu sudah kaya, tampan, tinggi, tajir dan taqwa tapi
sayang... kasihan dia kok enggak menikah ya?...

Kenapa harus dikasihani karena tidak menikah?? kenapa harus di
sayangkan jika seseorang tidak menikah.

Menurut saya menikah atau tidak menikah adalah sebuah "pilihan" yang
mempunyai nilai sama.. menikah menjadi ladang amal pahala bagi kita
begitu juga dengan tidak menikah bisa menjadi ladang amal pahala
yang sama banyaknya dengan menikah.

bukankah dalam Qur'an sendiri dikatakan  bahwa jika mampu menikah
lah tapi jika tidak mampu bersabarlah sampai Allah memberikan
kemampuan dalam menikah...

Yang paling penting bukan menikah atau tidak menikah karena itu
sebuah pilihan tapi yang terpenting adalah ketika kita mau menerima
konsekwensi dan bertanggung jawab terahdap plihan yang kita pilih...

Chae

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO WIJANARKO WIJANARKO