Ass wr wb,

Pak Bmuncar yang saya hormati dan saya cintai,

Terimakasih pak atas penjelasannya,  insyaAllah walaupun saya belum mengenal
bapak tapi saya bisa membayangkan kalau bapak cukup mendalam dalam hal
pengetahuan  spiritual.
Betul sekali pak kalau manusia terdiri dari 3 komponen seperti yang bapak
sebutkan, yaitu fisik, jiwa/ hati, ruh ( dan ruh adalah rahasia Allah )

Saya memahami perasaan bapak yang sangat peduli terhadap istri bapak , saya
juga sudah menikah kadang-kadang juga mengalami seperti yang bapak
alami....kalau istri lagi kenceng menginginkan sesuatu wah "heboh" banget.....

Saya mendukung bapak untuk berfikir dan bertindah secara cerdas terhadap
trend-trend pencarian spiritualisme yang banyak sekali jenis dan variasinya.

Semoga bapak makin dicintai oleh Allah dan dimudahkan dalam segala urusan bapak.

Terimakasih

salam

bmuncar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Salam,
Bung, sebelumnya mohon maaf kalau dalam tulisan saya itu ada kata-kata
yang terlalu keras atau kasar. Sekarang saya berusaha menjawab semampu
saya.
- Soal perkataan korban yang saya maksud adalah istri saya sebenarnya
tidak mendapatkan apa yang dia cari yakni menjadi manusia paripurna
(insan kamil), manusia baru yang kembali suci. Tentu saja saya tidak
lapor polisi karena istri saya bukan korban tindakan kriminal.
- Soal dukun modern, ini adalah kiasan untuk menyebutkan dua kondisi
yang berbeda secara material (orang, alat, waktu, situasi) namun
substansinya sama.
- Pelatihan ESQ tidak melanggar hukum. Jadi sah-sah saja. Dan soal
korban itu tadi semata-mata subyektif pandangan saya lho. Banyak kok
(bahkan mayoritas) peserta merasa bersyukur bisa ikut training.
- Soal legalitas para trainer saya sepakat, memang mereka legal,
paling tidak sudah sesuai dengan standar-standar profesional dari
manajemen ESQ.
- Apakah dokter, dokter jiwa, atau psikiatri yang menggunakan metode
ESQ bisa disebut dukun modern, saya kira tergantung ESQ macam apa yang
digunakan. Jawabnya adalah bisa ya dan bisa tidak. Dan saya meragukan
kalau antara problem "emotional" dan "spiritual" bisa diobati secara
stimultan.
Apa yang disebut manusia bisa dibilang terdiri dari tiga komponen
yaitu fisik, hati/jiwa dan ruh. Problem fisik bisa diatasi oleh dokter
(ketika belum ada dokter oleh dukun), problem hati dimintakan terapi
psikiater. Nah yang problema ruh itu kepada siapa? Nah disinilah
pangkal ketidaksepakatan saya dengan istri saya.
Istri saya menganggap itu sebuah perjalanan spiritual, namun saya
tidak sepakat Perjalanan spiritual sungguh maha berat. Mengapa? Pada
kenyataannya, kepentingan fisik dan jiwa itulah yang seringkali
memenangkan "pertarungan" dengan ruh pada diri manusia.
Bung, itulah penjelasan singkat saya, jadi masalahnya sama sekali
bukan masalah hukum lho?
Dan maaf saya tidak bermaksud menggurui atau sok pintar. Sekali lagi
maaf...

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO WIJANARKO WIJANARKO
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Ass wr wb,
>
> Pak Bmuncar,  ada yang menjadi tanda tanya dibenak saya,  Pak
Bmuncar mengatakan bahwa istri bapak adalah korban ESQ, dukun modern,
biasanya orang yang kena atau jadi korban penipuan lapor kepada
polisi, apakah bapak sudah lapor ke Polisi?

> Lalu mohon penjelasan tentang sebutan dukun modern,  apakah definisi
dukun modern dan dukun tidak modern?
> Dukun biasanya pakai mantra, biasanya mendatangkan roh halus/jin etc
, apakah ESQ yang diikuti istri bapak itu menggunakan pola yang
dipakai para dukun?

> Kejanggalan yang lain adalah, kalau ESQ itu dilakukan di Hotel
tentunya pihak panitya sudah minta ijin kepada pihak berwenang, kalau
ESQ ini makan korban yang banyak tentunya polisi akan turun tangan dan
menindak pelaku tindakan melawan hk tsb.

> Kejanggalan yang lain lagi adalah, sejauh yang saya tahu pelatih ESQ
itu biasanya mengantongi sertifikat untuk melatih, berarti apa yang
mereka lakukan adalah legal.

> Bisa saja terjadi seorang yang mempunyai ijasah dokter juga praktek
ESQ, dalam anamnesis ( wawancara dokter pasien ) disamping sang dokter
memperhatikan kondisi fisik ( soma ) juga memperhatikan kondisi jiwa (
psikis ), juga mengamati bahasa tubuh dan menilai perasaan pasien.

> Apakah dokter yang praktek ESQ ini pantas disebut dukun modern?
Apakah Ahli Ilmu kedokteran jiwa ( psychiatry ) yang menggunakan
tehnik ESQ juga disebut dukun modern? apakah psikiater yang mengobati
orang yang tidak waras dengan tehnik ESQ juga disebut dukun modern?

> mohon penjelasan dari anda , terimakasih.
>

> salam
>

> bmuncar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>

> Mbak Chae dan Mbak Aisyah, terima kasih tanggapannya.
>
> Salam
>
> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]
> mudahan

berkomunikasi

selalu
> berkomunikasi

> ini
> keluarga,
> peer

> senang satu
> peer

> ini,

> saya.
> saya

Kabarnya
> ada 2
> karena

> teman.
> pikirkan,

> orang naik
> Nah
ESQ
> -

> mengalami
> ritual
> diantara
> hidayah,
Penampilan
> fisik
> dan
> Tuhan atau
> seperti
> untuk
> Nur
> orang,

> Rp
> lagi,
> ribu.
Saya
Isinya:

Karenanya,
> hanya
> parahnya
Sang
> [...]
> Khaliq
> yaitu
> sebentar
> com

> Milis Wanita Muslimah
> Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun
masyarakat.
messages
> Berhenti mailto:[EMAIL PROTECTED]
>
> This mailing list has a special spell casted to reject any
attachment ....

> Women Islam Muslimah Women in islam

>  [EMAIL PROTECTED]
>
>     Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service.

Women Islam Muslimah Women in islam