Salam Mbak Anita,

Saya juga melihat fenomena itu. Hanya saya kok melihatnya nggak terkait
dengan agama, tapi lebih ke kultur. Silahkan coba perhatikan temen2 India
yang Hindu. Saya kira juga akan kelihatan hal yang mirip. Laki-lakinya
berlenggang kangkung didepan istrinya yang terseok-seok membawa barang
belanjaan. Padahal bisa jadi keduanya berpendidikan tinggi.

Begitu juga temen2 dari Timur Tengah. Adalah tabu bagi mereka, jika suami
bantu-bantu "pekerjaan" istri di dapur misalnya. Dan ini bukan hanya
pengamatan, tapi juga hasil wawancara dengan mereka (Pria dan Wanita).

Orang Barat pun saya juga sering melihat ada yang punya kelakuan yang sama.
Tapi memang kebanyakan mereka yang seperti itu biasanya pendidikannya
rendah. Dan yang begini biasanya juga rasis, walaupun kalau di depan orang
asing bermanis-manis.

Jadi saya kira, ada hal yang lebih mendasar daripada sekedar urusan jilbab
sebetulnya. IMHO, sebetulnya kasus Perancis itu kemunduran dalam dialog
antar kebudayaan, dan sama sekali nggak punya landasan logika yang utuh.
Tapi ya gimana ya, namanya juga bukan urusan eksakta, masalahnya bukan hanya
masalah logis atau tidak, tapi juga situasi politik dan timingnya itu lho.
Takes two to Tanggo. Masih ada masalah di masyarakat Perancis sendiri secara
umum (ketidaktahuan ttg Islam, ignoran, paranoia dst.), selain dalam
komponen masyarakat muslim Perancis juga punya banyak kasus yang nggak
menolong keadaan.

Salam
Ary