GALAMEDIA
SELASA, 4 OKTOBER 2005

      50 Tahun Hidup Tanpa Suami (1)

      WARTI, demikian kita sebut wanita paruh baya ini. Ia seorang karyawati
sebuah instansi pemerintah di Bandung. Selama 50 tahun, ia hidup menyendiri tak
bersuami. Bukan berarti ia tak mau menikah, tetapi wanita lulusan S-I ini
berkali-kali disakiti lelaki. Jadilah ia trauma. Bagaimana lika-liku perjalanan
hidupnya di usia yang hampir tua ini? Ia mengisahkannya kepada penulis (Dodi
K.)di bawah ini.

      mbt

BARANGKALI wanita seperti saya ibarat gelas kaca. Sekali pecah berantakan,
takkan bisa dipakai lagi. Ujung-ujungnya malah dilecehkan dan disingkirkan.
Lain halnya dengan lelaki, tak ada istilah pecah. Sekalipun air "botol" tumpah
di mana-mana, toh "botol"-nya tetap utuh.

Begitu pula nasibku, seorang karyawati sebuah instansi pemerintah di Bandung.
Di usia 46 tahun ini, aku masih menyendiri walaupun secara ekonomi aku termasuk
mampu. Rumah punya, kendaraaan sekalipunsecond pun aku punya, gaji juga lumayan.

Bukan berarti aku ini tidak laku, tetapi sikap dingin dan tidak percaya pada
laki-lakilah yang membuatku menyendiri hingga kini. Persoalannya sederhana
saja, ketika masih kuliah aku dibohongi pacar.

Berjanji akan menikahiku, mahkota kuserahkan, tetapi saat hari H pernikahan, ia
mendadak membatalkannya. Malu, marah, dan sedih bercampur aduk hingga aku jatuh
sakit. Untung karena pegawai negeri sipil (PNS), semua ini tidak membuat aku
terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Malah, aku mendapat dukungan penuh dari
keluarga dan teman-temanku.

Mungkin ada pembaca "GM" yang bertanya, mengapa aku berani blak-blakan membuka
masalah privacy ini. Entahlah, hati kecilku yang menggerakkanku untuk
menuturkannya kepada seorang teman. Harapanku, mudah-mudahan kaum wanita tidak
lagi menjadi korban rayuan gombal kaum lelaki.

Saat masih di bangku sekolah sebuah SMA favorit di Bandung, aku sedang
senang-senangnya bermain. Sebagaimana layaknya remaja, aku gemar bersolek.
Apalagi, orangtua dan teman-temanku bilang, aku ini cantik.

Sejak kelas II SMA ini aku berpacaran dengan Kang Heru, salah seorang mahasiswa
sebuah perguruan tinggi ternama. Ia begitu setia menemaniku. Jika pulang
kuliah, ia rela menungguku untuk bersama-sama pulang berjalan kaki. Maklum,
saat itu masih amat jarang orang yang mempunyai sepeda motor.

Tapi justru dengan berjalan kaki ini kami punya waktu untuk berbagi cerita,
juga tentang masa depan kami sebagaimana umumnya remaja yang tengah dimabuk
asmara. Kang Heru bilang, jika lulus, ia akan bekerja dan segera melamarku.

Begitulah, sampai aku masuk perguruan tinggi negeri yang berbeda, hubungan kami
terus berlanjut. Orang bilang, aku dan Kang Heru seperti Romeo dan Juliet,
sulit dipisahkan. Terkadang aku bangga mendengarnya karena memang demikianlah
adanya.

O iya lupa, aku asli orang Sunda. Kedua orangtuaku juga berdarah Sunda. Tetapi
Kang Heru, sekalipun lahir di Bandung, ia berdarah Jawa. Ibunya asal
Pekalongan, sedangkan ayah dari Cilacap.

Tetapi masalah kesukuan bukan persoalan bagiku, Kang Heru juga lebih suka
dipanggil Akang daripada Mas. Hubungan kami pun terus berlanjut. Bahkan jika
Kang Heru apel ke rumah, orangtuaku sudah menganggapnya seperti saudara.

Selama itu pula, keluarga Kang Heru sudah menganggapku sebagai manantu. Ke mana
kami pergi, tak pernah dilarang. Alhamdulillah, selama itu pula kami belum
tergoda oleh hal-hal yang dilarang.

Lima tahun berlalu, Kang Heru lulus kuliah. Ia diangkat menjadi seorang pegawai
sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan ditempatkan di Yogyakarta. Kami
berpisah, tetapi hubungan saat itu terus berjalan.

Setahun berlalu, entah bagaimana, aku jadi jarang menerima surat dari Kang
Heru. Kupikir mungkin ia sibuk, namun hati kecilku merasakan kecemburuan.
Mungkinkah Kang Heru punya wanita lain selain diriku?

Suatu hari, Kang Heru pulang ke Bandung. Katanya, ia sedang cuti seminggu. Ia
pun datang ke rumahku. Dari mulai pukul 16.00 WIB kami ngobrol. Saat malam
tiba, aku pun melakukan hal yang sulit kuhindari.

Di serambi depan rumah, saat orangtua dan adik-adikku tidur, kami lupa diri.
Kami berpelukan mesra dan akhirnya kehormatanku tanpa sadar kuserahkan padanya.

Aku menangis pilu, tetapi Kang Heru segera menenteramkan hatiku. Katanya, ia
akan bertanggung jawab. Aku pun memegang teguh janjinya. Bahkan di hari kelima,
sebelum Kang Heru pulang ke Yogyakarta, kami kembali berhubungan intim layaknya
suami istri.

Begitulah yang aku alami. Akhirnya, aku pun lulus dari perguruan tinggi dan
meraih gelar doktoranda. Setahun kemudian, aku bekerja jadi PNS di Bandung.
Sebelumnya, aku dan Kang Heru berencana untuk menikah setelah aku lulus.

Saat itu, Kang Heru bilang akan segera melamarku dan memang, bersama
orangtuanya, Kang Heru melamarku. Setelah itu, kedua belah pihak mengadakan
acara perhitungan hari pernikahan.

Sejak itu pula Kang Heru sering datang ke Bandung dan setiap kali berkunjung,
kami selalu berhubungan intim. Aku pasrah saja. Pikirku, toh ia bakal jadi
suamiku. Apalagi, ia telah melamarku. (bersambung)**