DP: Saya baru nonton program mengenai Spanyol dibawah kekuasaan
Islam.  Tulisan2 dari Yunani kuno itu ternyata baru dibaca kembali
oleh orang bule setelah diterjemahkan ke bahasa Arab kemudian ke
bahasa Castillian baru ke bahasa Latin yg kemudian menjadi inspirasi
utk Renaissance. Orang Yunani sudah tahu bahwa bumi itu bundar.
Malah orang Arab sudah tahu juga.  Ilmu pengetahuan sudah maju sekali
jaman Spanyol Moor (Arab).

Lucunya dari semua pengetahuan yg disarikan dari tulisan Yunani kuno,
ternyata kata 'demos' dan 'kritos' luput dari terjemahan, baik
literal maupun secara budaya.  Tidak heran jika konsep demokrasi
begitu asing di dunia Arab.

Demokrasi merupakan suatu organisasi masyarakat yg paling canggih
sekarang ini. Mungkin akan berkembang lebih maju lagi.  Dengan
teknologi internet bukannya mustahil parlemen (DPR) menjadi tidak
perlu karena masing2 dari kita bisa langsung debat dan voting thd
suatu RUU.  Yang pasti karena ada mekanisme self-correction demokrasi
akan selalu memperbaiki kesalahannya sendiri.  Lain dg negara agama
yg tidak mengenal konsep self-correction ini makanya pada ambrol.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Herni Sri Nurbayanti"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> akal bahwa Islam tidak mengenal kata demokrasi.. atau bahkan
> menempatkan dua kata ini (islam dan demokrasi) sbg dua kata yg
> berlawanan.
>

> wassalam,
> herni
>

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"
> <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Adakan contohnya politik yang berusaha menuju mengenal kebenaran
> mutlak? Mengapa tidak dirubah paradigma berfikir  bahwa politik itu
> harus menuju ke kebenaran mutlak? Seharusnya itu menjadi
> tujuan/ideal bersama. Mengapa tidak memindahkan api (semangat)
bukan

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/aYWolB/TM