Intinya puasa adalah menahan diri dari hal kenikmatan, makan, minum
dan seks juga keluarnya air mani dengan sengaja juga membatalkan puasa
walau tidak melakukan intercouse karena di kategorikan mendapatkan
yang nikmat-nikmat;)

kenyataanya kan merokok juga menciptakan rasa nikmat dan ada unsur di
dalam rokok yang terdapat dalam makanan dan minuman yang masuk ke
dalam tubuh kita seperti zat nikotin. Dan tentu ini membedakan antara
menghirup udara rokok dengan asal knalpot. Termasuk juga ngelem dapat
membatalkan puasa seseorang.

Chae

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wa 'alaykum assalaam wr. wb.,
>
> Sebenarnya "merokok" itu tidak ada di Alquran atau Hadis, sebab
rokok baru ada setelah orang Barat mengadopsi rokok yang ditemuinya
pada suku Indian di abad ke-16. Ini menyangkut pemahaman fikih.

> Di Alquran dijelaskan secara explisit tentang pelarangan makan,
minum dan sanggama sejak nyata garis pembeda pagi-siang hingga magrib.
Nah, umumnya merokok dianggap sama dengan minum. Bedanya merokok
dihisap dan bukan diminum. Yang berpandangan merokok sama dengan
minum, maka ia dianggap membatalkan puasa.

> Sebaliknya, bagi yang menganggap asap itu tidak termasuk minum,
seperti kita di jalan turut menghisap asap mobil, atau asap orang
memasak, atau bakar-bakar; maka merokok hanya dipandang makruh.

> Bagi saya pribadi, merokok saya anggap membatalkan puasa karena
menghirup asap rokok tidak sama dengan menghirup asap di udara bebas.
Orang bisa tahan tidak makan seharian bila sudah diganti dengan
merokok. Ini saya ketahui persis karena saya punya teman yang menjadi
perokok berat. Ia lebih baik tidak makan siang daripada tidak merokok.
Sehingga, sehari dia bisa makan sekali saja, tapi tak akan bisa
merokok sekali saja sebatang dalam sehari.

> Nah, yang lebih penting lagi ialah menahan hawa nafsu termasuk merokok.
>
> Salam,
> chodjim

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM