Ass wR. wB.

Pak Latief yang sedang merenung...

Saya setuju bahwa kita, kaum muslim, perlu melakukan reformasi
pemikiran. Hal ini kiranya sudah juga disadari oleh banyak
gerakan-gerakan Islam yang muncul karena keprihatinan dengan adanya
kemunduran cara berfikir umat. Berbagai "Business Case", Root Cause
Analysis telah dilakukan oleh banyak pemikir pada saat itu sampai juga
dengan sekarang, dan mereka pun memformulasina berbagai solusi, yang
esensi tujuannya adalah sama : MEMBANGKITKAN UMAT dengan cara
MEMBANGKITKAN PEMIKIRAN UMAT.

Keprihatinan pak Latief tentang kelompok Islam yang ingin memurnikan
Islam, dan diejawantahkan dengan mengembalikan kehidupan ke 1400 tahun
yang lalu, menolak kemajuan technology dan sains, itu pun pernah
dikemukakan oleh banyak pemikir. Misalnya Yusuf Qardhawi, Taqiyuddin
Annabani, dll.

Tapi, bukan hanya itu yang sekarang terjadi. Para pemikir tersebut pun
melihat adanya upaya yang lain yakni melabel Islam untuk budaya-budaya
atau pemikiran yang sebenarnya bertentangan dengan Islam, karena budaya
atau pemikiran tersebut diyakini adalah penyebab "kemajuan peradaban".
Yah, in short begitu kira-kira.

Jadi boleh dibilang ada dua kelompok reformis extrim yang saya jelaskan
di atas. Yang PERTAMA, menolak SEMUA budaya, teknologi, sains yang baru.
Ini yang masuk sebagai subject perenungan pak Latif. Sedangkan yang lain
adalah mengabsorp SEMUA budaya, teknology, sains dll yang terkini..
biasanya kelompok yang kedua ini gemar memberikan asesori-asesori
sehingga yang sebetulnya tidak sejalan dengan Islam pun "terlihat"
islami (mengkompromikan Islam dengan yang bertentangan dengan Islam).

Saya rasa, reformasi pemikiran yang seharusnya dilakukan adalah
melakukan filtering dari kedua pemahaman di atas. Tentunya filtering
dengan pemikiran yang jernih dan mendalam.

Contoh kelompok PERTAMA di atas, banyak dibahas oleh pak Latief. Mereka
menolak teknology, sains, kemajuan peradaban dll. Mereka meng-haramkan
telepon, bahkan ada yang tidak mau minum teh, kopi, atau memakai pasta
gigi. Bagi mereka itu tidak sesuai contoh Rasul, karena Rasul bersiwak
untuk membersihkan giginya. Saya setuju, bahwa tentu kaum seperti ini
bukanlah kaum yang dicita-citakan oleh Rasul.. yang Rasul katakan
sebagai khairu ummah, umat terbaik.

Contoh kelompok KEDUA, mungkin lebih banyak lagi sekarang ini. Ya, yang
paling gampang ya masalah riba yang saat ini dianggap remeh, asalkan
untuk kemaslahatan umat, misalnya membungakan dana-dana sosial. Atau
penolakan hukum hudud, karena dianggap tidak sesuai dengan HAM.. ya
semacam itulah, dengan alasan Islam itu up to date, sesuai dengan
perkembangan jaman.

Menurut saya, reformasi yang benar adalah memilah dan memilih.. sehingga
memang benar-benar aturan Islam yang benar-benar Islamlah yang kita
ambil sebagai pedoman. Bukan yang seperti kelompok I di atas, bukan pula
seperti yang kelompok II.

Islam memang seharusnya berlaku di jaman apa pun. Fakta yang "berubah",
bukan artinya kita harus mengubah hukum Islam. Saya beri tanda petik
kata "berubah", karena sebenarnya fakta itu selalu "sama" hanya pemain
dan tools yang digunakannya mungkin yang berbeda dan berkembang. Untuk
itu keberadaan mujtahid-mujtahid perlu dipertahankan supaya dapat
menghukumi fakta-fakta yang actual, dan bukannya mengubah hukum Islam
sesuai fakta.

Akhirul kalam, mohon maaf bila saya berkesan menggurui. Saya percaya dan
setuju bahwa pemikiran umat harus direformasi. Namun reformasi yang
benarlah yang kita inginkan. Bukan reformasi yang memindahkan dari
keterpurukan ke keterpurukan yang lain.

Wallahua'lam bishowab.
Wassalaam,
-Ning