----- Original Message -----
From: "Dana Pamilih" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, October 19, 2005 12:23 PM
Subject: [wanita-muslimah] Re: Wanita berjilbab & yang tidak berjilbab

(deleted)

> itu
> ghetto-ghetto
> dengan cepat
> Eropa
> deras.

> orang Afrika
> dll.).

> DP: Saya belum menyelidiki secara lebih rinci mengenai statistik
> kriminal di Inggris.
>
> Dengan masuknya beberapa negara Eropa Timur jadi anggota EU memang
> kenaikan statistik kriminal terjadi.  Yg paling mencolok ialah human
> trafficking dan pemaksaan perempuan jadi pelacur.

> [...]

1. Yang Anda sebut perbedaan nilai budaya sebetulnya tidak dalam kotak-kotak
Agama. Tapi lebih kepada kotak-kotak yang lebih kompleks dari itu. Sehingga
pendekatan yang menyederhanakannya menjadi persoalan nilai2 "Islam" vs
"Sekuler" itu sebetulnya kehilangan arah.
- Honor killing itu bukan spesifik "Islam" tapi lebih ke sistem nilai dalam
kultur Asia Selatan dan Timur Tengah. Anda bisa periksa itu jauh kedalam
sejarah.  Lihat juga di India dalam komunitas Hindu.
- Kawin anak-anak di bawah umur, itu juga bukan "Islam" tapi terjadi di
SEMUA negara yang masih terbelakang, bahkan juga di BARAT dalam bentuk yang
berbeda.
- Kawin paksa, ini sih masalah umum dengan segala gradasinya, termasuk di
Barat.

2. Bagian kriminal dari persoalan-persoalan perbedaan budaya jelas harus
tetap diperlakukan sebagai perbuatan kriminal.

3. Bagian non kriminal dari Penanganan thd persoalan-persoalan perbedaan
budaya sepanjang sejarah tidak pernah berhasil dengan "larang melarang",
tapi dengan rekayasa sosial yang biasanya terkait dengan pemberdayaan
"korban" agar mereka punya pilihan. Dan ini sangat terkait dengan kearifan
dan ketulusan hati yang menangani karena pasti membutuhkan darah, tenaga dan
air mata untuk mengurus komunitas tersebut tanpa ada yang didapat dalam
jangka pendek kecuali masyarakat yang lebih baik di masa depan.

4. Yang perlu diingat, saya kira bukan menjembatani dalam artian mengarah
pada budaya yang monolitik,
tapi dalam rangka bagaimana merayakan keberagaman. Yaitu dialog antar
budaya. Barat tidak lebih "advance" secara budaya dari "Timur" begitu juga
sebaliknya. Semua harus saling belajar. Saya kira Amerika walaupun sangat
jauh dari ideal, bisa menjadi contoh bahwa keragaman itu kekuatan bukan
malah kelemahan.

Salam
Ary

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM