Sarinesia,
Setau saya gak ada istilah atau bentuk, stiker, pernyataan
tulisan di suatu produk : HARAM
Karena menurut dunia perhalalan, produk pangan yg beredar itu adalah statusnya
syubhat - mubah.
Jadi,
Yg ada cuma "Label Halal" untuk suatu produk, dan itu mendunia. Khusus
pemberitahuan bagi orang islam.
Coba saja liat produk [ khususnya pangan/minum ] import.

Tentang daging : banyak RPH yg memiliki sertifikat halal. Daging import juga di
wajibkan untuk halal
[ ini aturan dari deptan], importir daging pasti tahu.
Di supermarket yg jula daging import kadang2 mencantumkan pengumuman dari
importirnya bahwa
dagingnya sesuai aturan.

Buka rahasia :
Saya kadang terlalu melit/curious.
Saya punya sedikit masalah dengan kesehatan terutamanya yg menyangkut urusan
perut.
Lantas saya cari tau. Duluuuuuu label2 makanan kaleng [ canned food] suka saya
simpan, cuma
mau tau 'kode2' yg tercantum, tulisan2 yg ada di label/kemasan
Maksudnya sebenernya apa sih?

Lantas di kasih tau ada milis yg untuk urusan ini.
Moderatornya ahli teknologi pangan, orangnya zuhud ,islamnya kenceng tapi
moderat :-)
[ ini yg penting, bagi saya, meski juga sering secara diam2 menganjurkan untuk
perempuan islam itu berjilbab]
Sebelum jadi menteri juga aktif di lembaga urusan halal.
Sering mengirim artikel2 dari buku2nya di milis, memberi 'konsultasi masalah
halal' japri dan cepat.

Jadi, saya menahami masalah halal adalah melalui proses, atau learning by
doing, gitu loh :-))
Tidak terpaksa, dan tidak dipaksa.
Nggak dengan ditakut2-i, katanya nanti dosa, masuk neraka, kalo makanan yg
haram doanya nggak di ijabah dlsb,
pokoknya sangsinya yg ajaib2 dan serem2.
:-))

salam
l.meilany