Wahai Syaikh Nazim, Mengapa Kami Harus Kembali ke Amerika?
Ditranslasi dari Buku Mercy Oceans
Sulthanul Awliya Mawlana Sheikh Nazim Al-Qubrusi Al-Haqqani
Diambil dari http://mevlanasufi.blogspot.com

  Suatu hari seusai shalat dzuhur, Syaikh Nazim mempersilakan murid-muridnya
untuk mengajukan pertanyaan apapun, yang hadir kebanyakan orang-orang yang
berasal dari Eropa dan Amerika.

  Q : Shaykh Nazim, apa yang akan kami lakukan di Amerika, mengapa kami harus
kembali ke asal kami,  jauh dari Anda dan ajaran-ajaran Anda ?
  A : Allah Yang Maha Kuasa menciptakan dunia ini, seperti yang kalian lihat
disini di Damaskus. Mungkin ada seratus ribu rumah, dan tiap rumah dihuni
beberapa orang. Manusia dibagi-bagi bukannya tanpa aturan, namun mereka telah
dipilih, setiap orang berada di tempatnya masing-masing. Begitupun dengan siapa
yang akan menjadi tetangganya. Di setiap rumah ada kamar-kamar yang dihuni
orang-orang yang berbeda pula. Sabda Nabi : Allah menciptakan manusia dan
membuatkan masing-masing tempat pribadinya. Untuk itu Allah menciptakan
penduduk Syria tinggal di Syria, Penduduk Turki hidup di Turki dsb. Allah yang
menunjuk dan memutuskan,  sebagaimana Dia juga yang memutuskan pergerakan dan
perjalanan. Ada perjalanan yang permanen dan ada yang temporer. Semuanya
diarahkan oleh Kebijaksanaan Ilahi. Allah menentukan nafas kita, kapan, dimana
dan berapa jumlahnya. Untuk itu, kalian juga akan berada di tanah air kalian,
karena Allah telah menentukan seperti itu.  Yang terpenting adalah bahwa siapa
 yang sadar akan Tuhannya, siapa yang yakin dan mencintai Tuhannya maka dia
bersama Tuhannya kapanpun dan dimanapun. Kasih sayang, perlindungan serta
pertolongan Tuhan akan menyertainya. Cukup ?

  Q : Tapi mengapa masih ada gangguan di dalam hati kami ?
A : Gangguan datang saat kalian melupakan hubungan dengan Tuhan, lupa akan
segala kasih sayang-Nya. Ketika seseorang lupa bahwa dia sedang berada dalam
Samudra Kasih Sayang-Nya, maka segala kekacauan dan penderitaan masuk dalam
hatinya. Ibarat ikan yang terlempar dari lautan. Agar damai, kalian harus
selalu ingat bahwa kalian sedang berada dalam samudra kasih sayang-Nya. Hal ini
amat penting ( dhaqiq ) dan waspadalah.

  Q : Saya tahu akan hal itu di kepala, tapi tidak selalu di hati ini?.