Mas Sutiyoso Ingkang Minulya,

Saya ikut urun rembug dalam hal ini. Tampaknya Mas Sutiyoso menggebu-gebu dalam
hal "definisi akal". Agar pikiran tenang dan hati pun riang, maka yang
diperlukan adalah bagaimana "membuat pertanyaan".

Seharusnya, yang ditanyakan itu ialah "objek yang terukur" (measurable object).
Bila objeknya itu tidak dapat diklarifikasi maka "definisi" pun tiada berguna.
To define itu kalau diterjemahkan adalah "membatasi" atau memberikan batasan.
Jadi, definisi akal ya tergantung pada kemampuan orang yang memberikan batasan.
Makanya para filsuf agung tidak tertarik pada "definisinya" an sich. Immanuel
Kant misalnya memberikan penjelasan tentang akal --bukan definisi. Ia bagi
fungsi akal menjadi 2, yaitu akal rasio dan akal intelek. Ibnu Sina juga
demikian, malah membagi menjadi tiga. Dus, apa gunanya kalau hanya tahu
definisi? Bukankah yang kita perlukan adalah menggunakan akal dengan tepat?

Sekarang saya berikan ilustrasi saja tentang akal --bukan definisi! Objeknya
adalah tumbuhan, hewan, dan manusia. Pada ketiganya ada "nafs" (jiwa) yang
berkaitan dengan kesadaran.

(1) TUMBUHAN
Al-Nafs al-amarah (Jiwa Amarah, bukan jiwa pemarah lho) adalah jiwa yang
kerjanya selalu mengikuti "amar", putusan atau perintah. Jadi, pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan itu mengikuti amar Tuhan. Maka, mind atau pikiran yang
bekerja pada Nafs al-Amarah adalah "unconscious mind" atau "pikiran tak sadar".
Dalam bahasa biologi disebut "kerja saraf tak sadar". Kalau di manusia pikiran
tak sadar itu ya pada kerja jantung, hati, usus dll.
Tak ada "akal" pada tumbuhan, karena itu tumbuhan tidak dapat membaca (iqra)
sesuatu di luar dirinya.

(2) HEWAN
Pada hewan ada jiwa Amarah, ada jiwa Lawwamah (al-Nafs al-Lawwamah). Fungsi
jiwa Lawwamah ialah untuk memberikan koreksi terhadap apa yang pernah dilakukan
oleh individunya. Oleh karena itu jiwa ini diterjemahkan pula sebagai "diri
yang mencela". Lewat indrianya hewan mampu menyerap informasi objek-objek
konkret yang ada di sekitarnya. Maka "mind"-nya disebut "subconscious mind"
atau "pikiran bawah-sadar". Seorang bayi yang baru dilahirkan mulai
mengabsorbsi informasi dari lingkungannya. Di sini fungsi otak ialah sebagai
gudang memori. Apa saja yang masuk lewat indrianya direkam.

Hewan dan anak kecil praktis belum bisa memfungsikan "akal"nya sehingga semua
informasi diserap begitu saja dan tidak dapat diolah lebih jauh. Sesuai dengan
asalnya yang bahasa Arab itu, "aqala" artinya mengikat. Jadi, tahapnya ialah
tahap mengikat informasi. Yang bekerja ialah nalurinya, instingnya.

Tapi, hewan tertentu sudah bisa menerima "WAHYU", contohnya lebah (QS 16:68).
Asal kata wahyu berarti "isyarat". Jadi, dengan wahyu itu lebah mendapat
petunjuk untuk membuat sarangnya. Lebah tanpa belajar, tapi bisa membuat sarang
poligonal dalam ukuran yang sama dan dikerjakan oleh ribuan lebah. Tak ada tim
manajemen. Dus, wahyu ialah "petunjuk nyata". Dengan wahyu sesosok makhluk
mampu berbuat sesuatu dengan benar tanpa belajar tanpa iqra'.

(3) MANUSIA
Ada beberapa macam nafs yang bekerja pada diri manusia. Ada Jiwa Amarah yang
fungsinya menjalankan semua organ dalam kerjanya "pikiran tak sadar". Ada Jiwa
Lawwamah yang fungsinya untuk merekam informasi. Yang bekerja ialah pikiran
bawah sadar. Dalam wujud luarnya, kerja pikiran bawah-sadar itu menjadi
"insting" atau "naluri. Bawah sadar inilah yang sekarang dieksplorasi oleh
orang Barat untuk memecahkan persoalan mekanik tanpa harus melibatkan akal!

Gerak reflek juga merupakan kerja pikiran bawah-sadar. Banyak sekali manfaat
"subconscoius mind" dalam kehidupan.

Pada diri manusia juga ada Jiwa Mulhamah (al-Nafs al-Mulhamah). Pikiran yang
bekerja ialah "pikiran sadar", conscious mind. Dengan jiwa ini manusia mampu
menampilkan kembali apa-apa yang masuk bawah-sadarnya. Dalam kondisi ini kita
disebut "mendapat ilham", inspirasi. Dapat dikatakan "setengah WAHYU". Dengan
pikiran sadar ini pula, manusia dapat "mengingat", "menghubungkan",
"membandingkan", "menimbang" dan "menyimpulkan" objek-objek yang telah
direkamnya. Di sinilah orang yang menggunakan pikiran sadarnya disebut
"menggunakan rasionya". Nah, penggunaan rasio atau nalar ini merupakan bagian
dari penggunaan akal. Makanya, dalam hal ini juga dikenal sebagai penggunaan
"akal praktis". Fungsi "qalb" ada di Jiwa Mulhamah ini.

Manusia juga dilengkapi dengan "al-Nafs al-Muthmainnah", Jiwa Yang Tenang.
Pikiran yang bekerja ialah "Pikiran Supra-Sadar". Ada 3 perangkat yang bekerja
di sini, yaitu "fuad, tsaqaf, dan lub". Rasio betul-betul optimal di dalam
fuad. Ketika tsaqaf bekerja, maka rasio terus bekerja, dan akal mulai
menggelinding. Begitu "lubb" berfungsi sepenuhnya, maka "akal" akan bekerja
secara optimal. Makanya, orang yang memfungsikan "lub"-nya disebut "uli
al-albab". Makanya, jangan heran bila para penerjemah Alquran menerjemahkan
"uli al-albab" itu menjadi "orang-orang yang menggunakan akalnya". Pada tingkat
ini seseorang bisa menghasilkan pengetahuan baru!

Jika lebah bisa menerima WAHYU, maka manusia pun bisa menerima WAHYU.
Syaratnya, hati dan pikirannya bersih. Ada tiga jenis wahyu, yaitu wahyu
sebagaimana yang diberikan pada lebah, wahyu dengan sistem di balik tabir, dan
wahyu dengan perantaraan malaikat sebagai transmiternya (QS 42:51).

Jadi, manusia yang menerima wahyu akan bisa mengerjakan sesuatu dengan benar
tanpa belajar dan tanpa iqra. Dan ini bisa terjadi pada banyak orang. Nyatanya,
manusia diperintah iqra, artinya menempatkan aklnya dengan benar.

Wahyu di balik tabir, misalnya melalui mimpi, merasa melihat sesuatu lalu
melakukan sesuatu dengan benar, seolah-olah yang dilihatnya itu sebagai
petunjuk. Kekule seorang peraih noble kimia, menemukan rumus "BENZENA" setelah
merasa melihat banyak ular di langit-langit kamar tidurnya.

Lalu ada "grand WAHYU", yaitu "Wahyu al-matluw", wahyu yang dibacakan, misalnya
Taurat, Injil, dan Alquran. Bagi nabi-nabi yang menerima wahyu ini, mereka
semuanya langsung menerima petunjuk untuk jalan hidupnya. Mereka tanpa
mikir-mikir lagi.

(4) AKAL di atas WAHYU (ADAW).
Nabi menyampaikan wahyu yang diterimanya itu kepada umatnya. Karena umat tidak
menerima wahyu maka posisi umat dalam menggunakan akal hanya ada dua
kemungkinan, yaitu ADAW atau ADBW (akal di bawah wahyu). Jika manusia
menempatkan akalnya di bawah wahyu, maka sama sekali tak ada pendapat. Mengapa?
Karena, wahyu dibiarkan begitu saja tanpa dipahami. Pendapat lahir karena ada
orang yang ingin memahami wahyu. Jadi, lahirnya berbagai tafsir di masyarakat
Islam itu karena mereka menempatkan akal di atas WAHYU.

Anak SD yang baru bisa membaca, itu memang ADBW. Coba, perhatikan mereka tak
akan berkomentar apa-apa. Ada SATU JUTA anak yang baru bisa membaca Alquran,
hasilnya adalah "No-comment". Tak ada pendapat dan tak ada pemahaman apa-apa.
Pasti semua sama! Lain, jika Mas Sutiyoso, Mas DP, Mbak Chae, Mbak Aisa, dan
saya yang membaca Alquran, pasti timbul pendapat yang kemungkinan berbeda-beda
karena adanya tingkat pemahaman yang berbeda.

Jadi, menempatkan AKAL DI BAWAH WAHYU berarti diam membisu!! Begitu mulai
mengomentari, mulailah menempatkan ADAW!! BUKTINYA? Ya, komentarnya itu belum
tentu benar sebagaimana yang dikehendaki yang mengirim dan menerima wahyu.

Lho, mau ngotot yang bagaimana? Wong sama-sama di bawah atap (bila W diumpakan
atap) ya sama-sama tidak kehujanan (bila hujan) atau sama-sama tidak kepanasan
(bila hari terik). Lha, lain kalau kita sama-sama di atas atap, tergantung
kualitas topi, payung dan pakaiannya; sehingga ada yang merasa tidak
kepanasan.... :))
Kalau masih ada nabi, semua orang yang mengikutinya sama-sama di bawah wahyu,
hasilnya seragam sesuai komando nabi...

WASSALAM,
chodjim