Yuhu! alhamdulillah, makasih ya mba Sari yang Nesia, aku disebut manis
...:-)  Nggak kok mba, saya tidak ngambek, kalau ngambek mah tidak akan
nyanyi jaka sembung ...:-)

itu dia mba ... masalahnya di Indonesia ini sepertinya pelajaran agama itu
dimulai dari fikihnya dulu, seingat saya sejak dulu ngaji di mesjid atau
pelajaran agama di sekolah kita.  Modelnya hafalan bukan ke hal2 yang
bersifat substantif atau esensinya.

Tidak ditanamkan aqidah dulu misalnya mencintai Allah yang sudah memberi
kita kehidupan dan nikmat2 lainnya, tapi ustadznya malah selalu cerita
kekejaman Allah - jika tidak shalat maka di neraka akan begini begitu, jika
tidak puasa akan begini begitu, dll.  Tidak diceritakan bahwa shalat itu
membangun komunikasi dengan Allah, membangun kesadaran bahwa Allah ada dan
kita bisa selalu berlindung kepada-Nya, minimal kita berhubungan 5 kali
sehari sehingga setiap saat kalau kita melakukan dosa2 kecil seperti sinis
ke orang lain, berfikir jelek ke orang lain, dll - segera disadarkan kembali
dan mohon ampun selain mohon ditunjukkan jalan yang benar, dll.

Jadi kalau shalatnya dengan hati bukan hanya menggerakkan badan dan
mengucapkan surat2 tertentu, shalat membuat orang misalnya tidak melakukan
tindak pidana korupsi - koruptor kan menganggap Allah tidak ada, Allah
dianggap tidak tahu, padahal dia juga menjalankan ibadah puasa misalnya yang
membuat kita tidak makan minum padahal makanan minuman itu ada - milik kita
dan tidak ada orang yang tahu kalau kita makan minum, itu kan karena kita
mentaati perintah Allah dan kesadaran bahwa Allah tahu segala perbuatan
kita.  Selain itu puasa membuat kita terlatih untuk tidak makan minum
sesuatu yang bukan hak kita, milik kita saja tidak bisa kita konsumsi saat
puasa, apalagi punya orang lain - lagi2 kalau puasanya bener, tidak sekedar
menahan lapar haus tapi dikaitkan dengan kehadiran Allah dalam hidup kita,
mosok seh Indonesia selalu ada di peringkat yang tinggi dalam korupsi?

salam
Aisha
----------
From: "sarinesia" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [wanita-muslimah] Re: SI yang mana?

neng Aisha yg manis. jangan ngambek ya :)
masalah SI ini sudah semakin melebar ya. memang ini masalah yg sangat
sulit. karena masalah ini sifatnya abstrak. sehingga yg abstrak ini
biasanya rawan terhadap pencemaran makna.

kalau kita cermati qur'an 42:13, maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa
syariat semua agama adalah sama. yaitu agama yang dibawa oleh Nuh,
Muhammad, Ibrahim, Musa, dan Isa. jika syariat mereka sama tentunya
bukan dalam hal yg sifatnya teknis seperti potong tangan, atau rajam,
melainkan kesamaan dalam hal yg lebih fundamental. yakni syariah dalam
pengertian sebagai "jalan menuju Tuhan". oleh karena itu saya lebih
sepakat dengan pandangan dan pengertian ini. hal ini dikuatkan lagi
dalam qur'an 21:92 bahwa semua ummat ini pada dasarnya adalah satu
(ummat yg tunggal).

hal ini memang sulit dipahami, terutama oleh orang-orang musyrik
(qur'an 42:13). karena kesulitan itu makanya mereka sulit dipersatukan.

Oleh karena itu kita sebaiknya berangkat mempelajari Islam itu dari
aqidahnya terlebih dahulu. supaya kita tidak mudah tercerai-berai.
kalau kita mempelajari Islam dari fiqhnya dulu maka kita akan gampang
dipecah-pecah. sebab fiqh itu sifatnya hitam putih. "... ooh dia
mendukung hukum potong tangan maka dia termasuk golonganku, dia tidak
maka dia bukan golonganku...", begitulah kira-kira gambarannya.

padahal para ahli fiqh terkemuka jaman dulu tidak begitu. mereka
mempunyai banyak perbedaan soal fiqh. tapi sikap mereka biasa-biasa
saja. tidak saling menyalahkan apalagi mengkafirkan. sebab kalau sudah
 seperti itu (pecah) maka mereka sama saja dengan orang musrik seperti
disinyalir oleh ayat di atas.

jadi kira-kira begitu.

salam,
sarinesia
--- <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wah bang Yos,
> jaka sembung bawa kembang ros, kagak nyambung bang yos ... :-)
>
> Tolong dong baca kalimat2 sebelumnya, saya menanggapi anda yang ngomong
jelek tentang WM, saya tanggapi cerita tentang sikap sebagai anggota satu
milis, lah ... anda kok malah loncat ngajakin belajar mencintai Allah -
mencintai Allah itu dimulai dengan mencintai makhluknya termasuk
teman2 di milis, bisa disebut sayang gak kalau ada sebutan memble dan
nenek-kakek untuk teman2 di milis?

> salam
> Aisha

1.2 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery.
http://us.click.yahoo.com/WpTY2A/izNLAA/yQLSAA/aYWolB/TM