Hehehe...

Kan Mbak Lina sudah diajari pelan-pelan di sini :) Kalau belajar ilmu batin
seperti ilmu lahir langsung mau dilahap nanti perutnya meletus.. :)

Begini Mbak Lina, menurut Kanjeng Nabi, ilmu itu ada 2 jenis yaitu ilmu lahir
dan ilmu batin. Ilmu lahir melalui verifikasi objek yang diperoleh dari riset,
observasi, dan perangkat-perangkat lahiriah lainnya.

Sedangkan, ilmu batin itu harus dengan metode "experience" (mengalami) dan
bukan dengan metode "experiment" (percobaan). Dalam mengalami itu di antaranya
"nglakoni", ya puasa, ya amal-amal yang menurut orang biasa aneh. Misalnya,
yang pernah saya lakoni, untuk mewujudkan cinta terhadap makhluk Tuhan, saya
pernah berusaha mengembalikan cacing tanah yang berada di pinggir jalan, dan
banyak sekali. Ada perasaan kasihan kalau cacing-cacing itu terinjak orang atau
terlindas kendaraan. Maka, banyak sekali cacing yang saya tempatkan lagi di
lahan-lahan yang aman bagi si cacing. Ini baru salah satu saja.

Mengapa pakai begitu? Ya, seperti menghadapi Alif Lam Mim, kita pun harus
memahami makna hidupnya seekor cacing...

Makanya, saya katakan susah kan kalau lewat milis...

Matur suwun, semoga Allah tetap merahmati Mbak Lina agar tidak mudah menjadi
orang yang putus asa... katanya mau belajar... :))

Wassalam,
chodjim