Mas Satriyo,

Membaggakan kelompok dan membela dengan harga mati kelompoknya sendiri, jika
tak ada bukti nyata di lapangan ya namanya bukan ashabiyyah/taashub... :) Ya,
mosok kalau saya bangga menjadi bangsa Indonesia dan membela Indonesia disebut
taashub. Mosok kalau saya membela keluarga saya atau bangga dengan rumahtangga
saya disebut taashub.. :)

Maqsudenya daif mendaifkan hadis itu perilaku sektarian yang dengan demikian
ashabiyyah. Tak perlulah ke sana, bila di dalam Kitab Alquran sudah ada
landasannya.

NKRI itu jelas kenyataan. Jangan dibawa-bawa lagi ke zaman baheula yang memang
belum ada NKRI. Sama dengan nikah di KUA zaman nabi juga tidak ada toh Mas...
:) Bahkan nenek moyang kita yang masih tinggal di hutan dulu malah nggak pakai
ijab-qabul, tapi akhirnya bisa menurunkan manusia-manusia nenek-moyang kita
berikutnya... :)

Weleh-weleh Mas Satriyo kok mengingkari kenyataan berdirinya negara Indonesia
yang lambang Garudanya ada Pancasila... :( sedih aku. Baca kembali Mas
ayat-ayat Surah al_hujurat yang hanya 19 ayat itu. Lihatlah di situ, kalau ada
pertikaian dalam suatu pemerintahan, maka harus diupayakan damai. Kalau sudah
damai, lalu ada yang melakukan kezaliman (pemberontakan), kan harus diperangi.

Wassalam,
chodjim