Saya kira Mbak Chae ini salah pengertian. Dalam Al-Qur'an, yang diwajibkan bagi
wanita itu adalah menutup sampai dengan dada. Nggak disebutkan apakah itu
jilbab, Burqa' dll.
  Jadi dalam Syari'at, itu adalh intinya, hakekatnya bukan tekniknya.
  Kalau budayanya bertentangan dengan Syari'at, ya budanya yang harus
dieliminir bukan Syari'atnya yang menyesuaikan dengan budaya.

Chae <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  Pak Sutiyoso,

Tidaklah demikian, ini sekedar menjelaskan bahwa seandainya keinginan
untuk berSI mau di wujudkan harus benar-benar SI yang berlandaskan
akar budaya kita sendiri. Karena hanya dengan akar budaya kita sendiri
maka SI itu akan benar-benar sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Faktanya kan sudah di urai baik oleh Mba Meilany, Pak Sabri dan juga
Pak Chodjim bahwa Syariat Islam yang di implemntasikan di zaman Rasul
sendiri tidak terlepas dari pengaruh dan berasal dari akar budaya
arab. Mencontoh secara membabi buta model dan bentuk SI dari zaman
Rasul sama saja kita menghapur akar budaya bangsa kita sendiri dan
menggantikan nya dengan akar budaya arab. Sedangkan akar budaya adalah
sesuatu yang lahir dari kondisi, keadaan, pengalaman bangsa itu
sendiri dan ini merupakan jati diri yang tidak boleh dihilangkan.

Menghilangkan jati diri bangsa justru akan memusnahkan keberadaan
bangsanya, enggak heran jika penerapan SI di Aceh yang berakar dari
budaya di luar Aceh malah membuat susah rakyat aceh sendiri bisa-bisa
bangsa aceh hancur dengan SI yang diterapkan sekarang ini.

Aceh memang terkenal dengan gelar "serambi Mekah" yang menandakan
bahwa ajaran Islam berkembang dengan pesar dan menjadi bagian dari
sebagian besar rakyat Aceh. Hanya saja sejak Islam datang ke Aceh
tidak serta merta menggusur akar budaya aceh, tetap aceh bertahan
dengan jati dirinya, dengan akar budayanya sendiri aceh mampu bertahan
dan menjadi bangsa yang kuat.

Coba dilihat walau ajaran Islam betul-betul menjadi bagian hidup
rakyat aceh tapi tidak serta merta perempuan aceh langsung di jilbabin
model wanita arab. Cut nya dien salah seorang pahlawan dari aceh pun
tidak berjilbab, berkerudung memang betul tapi tidak serta berjilbab
karena jilbab tidak ada dalam akar budaya aceh.

Chae

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, SUTIYOSO WIJANARKO WIJANARKO
wrote:

> Semoga pembicaraan ini tidak mengarah kepada ajakan untuk membenci
bahasa Arab karena Al Qur'an diwahyukan dengan bahasa Arab. Gebyah
uyah membenci suatu bangsa, kebudayaan juga kurang bijaksana, mohon
direnungkan.

> [...]
> senyum persahabatan, cinta damai dan cinta kemerdekaan.
>
> salam

> cara
> araban.
> akar

> ka
> kudu

> dan
> milik
> kedudukan

> kaki

> Berhenti mailto:[EMAIL PROTECTED]
>
> This mailing list has a special spell casted to reject any

Service.