Teori konspirasi pada dasarnya tidak didasari oleh fakta atau bukti
melainkan
hanya dari dugaan-dugaan semata yang kemudian disusun menjadi sebuah
opini.Jadi teori konspirasi tidak pernah dianggap sebagai sesuatu yang layak
dan dapat dipertimbangkan menjadi landasan jurnalistik yang shahih karena
isinya nyaris sama sekali tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Bila sebuah media banyak memuat teori konspirasi maka dapat dipastikan
media itu hanyalah "sampah" karena dengan itu berarti media itu tidak
membedakan lagi bahkan mencampur adukkan antara fakta dan opini.
Media macam begini sering dijuluki "media kuning" , mayoritas media
sektarian memiliki kecenderungan seperti ini karena mereka mengemban
"tugas suci" untuk melindungi kepentingan kelompoknya.

Dan penikmat teori konspirasi pun rata-rata "orang bodoh" bukan berarti
mereka tidak punya titel sarjana misalnya tapi kebodohan dalam mencerna
informasi.Orang yang cerdas tanpa perlu penjelasan ilmiah pun pasti tau
misalnya kalau isu macam mikro nuke atau kucing dikecilin dalam botol
atau kapal selam yang tenggelam gara-gara kaptennya kepanasan lalu
buka jendela adalah pasti bohong.Ada mazhab pembuat lelucon yang
dijuluki HOAX-ers mereka membuat lelucon bukan buat mentertawakan
lelucon itu tapi kebodohan si pembaca lelucon tersebut.Jadi mereka bikin
cerita serius yang sebenarnya cuma lelucon dan siapapun yang mempercayainya
maka sudah dipastikan dia itu orang dungu.Contoh cerita penemuan ahli
arkeologi terhadap desa Asterix atau virus VCD dll, biasanya cerita macam
gini bertebaran tiap April Mop. Teori konspirasi pun pada dasarnya sama,
orang yang mempercayainya sudah dipastikan orang dungu.

Akan tetapi jumlah orang bodoh itu emang banyak , banyak orang yang
suka , senang hati bahkan pengen dimamfaatin dan dibikin jadi idiot
makanya Hitler memamfaatkan jasa Joseph Gobbels.