Yang sangat aneh adalah kelompok harokah macam tarbiyah itu justru
besar pada saat pemerintah orba sedang represif pada ummat islam.
Di masa itu ustadz mau ceramah aja harus pake surat izin kayak mau
nyetir mobil aja pake SIM segala, kalo bikin masjid baru tulisan "Allah"
nya kudu dikurungi segi lima , bikin pengajian tanpa izin siap-siap aja
digelandang ke koramil (gw kena sekali) dll.

Sementara mereka tenang-tenang aja, pengajian mereka gak pernah
di usik sementara senior gw di organisasi saya dulu bikin pengajian
kecil aja langsung disuruh nginep di sel.Pada masa itu kan dinding aja
punya telinga.

Di masa pemerintah galak terhadap penerbitan tanpa SIUP , sabili,
ummi dll malahan bebas-bebas aja beredar bertahun-tahun tanpa
SIUP.

Makanya saya tidak pernah percaya pada orang-orang beginian.Saya
di masa orientasi kader diceritain ketika peristiwa cicendo dan wolya
yang juga melibatkan orang-orang dari organisasi saya makanya waktu
itu ente rajin sholat di masjid istiqamah aja pasti langsung ngilang.

Pada waktu itu ada beberapa aktivis di organisasi saya yang sangat
militan teriak-teriak anti pemerintah tapi gak diciduk malahan jadi
direktur di perusahaannya anak Soeharto bahkan sekarang dikenal
sebagai kyai / ustadz terkenal dan sering di masjid Al Azhar Jakarta,
plus orang harokah tulen yang suka teriak-teriak tegakkan SI.

Yang diciduk dan ditangkapi justru aktivis yang sebelumnya 'tiarap'
tapi kemudian bangun lagi karena orang tersebut.Jadi fungsi dia itu
emang kayak gitu, cuma buat mancing teman-temannya sendiri spy
keluar dari persembunyian kemudian "diamankan".Yah gw sendiri
kurang suka sama senior saya yang selingkuh ama teroris tapi bagi
saya tingkah laku senior saya lain seperti yang diatas itu lebih
menjijikkan lagi.Orang-orang harokah itu sebenarnya lahir dari rahim
organisasi yang saya ikuti makanya kita pada tau modal mereka
masing-masing, siapa yang beneran atau jadi-jadian alias cuma
boneka rezim kita udah pada tau, lucunya yang jadi-jadian ini
justru yang lebih galak dan keras suaranya.

Paska Istiqamah dihancurkan aparat , aktivis radikal pindah ke Salman
dan anehnya sekali lagi nggak diapa-apain.Tapi ketika mereka terlalu
besar tepatnya kira-kira tahun 1993 tiba-tiba terjadi vandeta oleh
orang harokah, orang non harokah ditendangin untuk membuat
penyeragaman.Yah semua aktivis pada masa itu juga tau yang doyan
dengan penyeragaman dan pola organisasi tunggal itu siapa.

Makanya jangan terlalu heran lah kalo sekarang mereka bermersaan
ama pejabat militer , intelejen bahkan pengusaha mantan orba. Kan
lucu anggota BAKIN era 80 an malahan dianggap pahlawan Islam
malahan ngotot mo dijadiin jaksa agung segala.