Mbak Mei,

1. Jaman tahun 98-99 saya pernah punya buku ttg pemberantasan korupsi.
kompilasi pengalaman berbagai negara dalam memberantas korupsi dalam sektor
tertentu.  seperti singapore dan hongkong dengan kepolisiannya, italia
dengan kejaksaan dan pengadilannya, cina dengan birokratnya, dll. Dalam
bagian awal buku itu dikarakan bahwa negara negara yang tingkat korupsinya
tinggi, memang tidak memiliki jurusan yang mempelajari khusus tentang
masalah korupsi ini, karena memang concernnya untuk memberantas masalah
korupsi secara teknis ini sangat kurang.

2. Kemarin acara halal bi halal alumni di Menteng - Taman Cut Meutia 18,
kita awali dengan acara Balairung II, menghadirkan diskusi dan bedah bukunya
Munawar Fuad - staf ahli Menkominfo yang judulnya Kyai di Negeri Maling.
Ternyata orang Cikarang ho ho ho :))  Kritik saya dalam pertanyaan kepada
pak Munawar adalah senada diatas.  Gerakan moral tidak akan cukup untuk
mengaktualisasikan pemberantasan korupsi secara applicable di lapangan.
Saya katakan, saya ikut banyak milis, banyak tokoh ulama dan orang partai
yang menggedor dengan program bombastis tentang berantas korupsi dan
penyalahgunaan kekuasaan, namun kenyataannnya wacara dominan diantara mereka
masih berkutan "meninggikan kelompoknya, dan menyalahkan kelompok lain -
politik belah bambu, mnginjak ke bawah, mengangkat ke atas.   Pak Munawar
sendiri mengatakan bahwa bukunya sendiri lebih ditujukan untuk penyadaran
dan gerakan moral.   Oh ya, teman saya yang jadi moderator membawa buku yang
diceritakan di nomer satu, tapi saya tidak berhasil mengingat judul dan
authornya.

3.  Semangat anak UGM ini mirip dengan gerakan Adiwarman Karim yang memulia
dengan kulaih Informal Ekonomi Islam yang dimulai di UI, yang selanjutnya
dibuat di Unibraw, UGM, Trisakti, Unsri, IAIN Jakarta, dll. Orang yang bisa
memberi contoh konsep dan aplikasi praktis sangat diperlukan.  Periode
sebelumnya 92-97 kebanyakan hanyalah seminar teoretis tentang ekonomi Islam.
Sehingga terutama teman teman pesantren dan IAIN tidak bisa melihat bedanya
secara definitif, konseptual ekonomi pun pada akhirnya praktik yang membumi
yang belum menjelma. Jadi memang sangat diperlukan, menurut saya, kuliah
informal tetnang "Penanggulangan Korupsi".

Materi materi yg applicabel semacam audit investigatif, penyelidikan, teknik
wawancara, UU tentang perlindungan hukum bagi saksi, bagi whistle blower dan
organisasi dan macam macam advokasi yang bisa dibentuk untuk menjadi pelopor
anti korupsi adalah sangat mencerahkan.  Makin applicable makin baik untuk
penuatan masyrakat.  Karena era otonomi daerah saat ini sudah berhasil
menumbuhkan raja raja baru dikalangan elit dan birokrat lokal.

salam,
Ari Condro