Sependapat dengan mas He-Man, urusan ketauhidan seseorang itu kan wilayahnya
Allah.  Yang bisa kita lihat itu akhlak (bahasa sehari-harinya tindak
tanduk - budi pekerti - kelakuan) seseorang - cerminan keimanannya.

Contoh, ketika seseorang tidak punya uang lalu melihat sistem keuangan di
tempat kerjanya itu gampang dibobol atau dimanipulasi sehingga dia bisa
ngambil uang tanpa seorangpun tahu (menurut pendapatnya) maka dia mengambil
uang yang bukan haknya - saat itu tidak ada imannya terhadap Allah (nganggap
Allah tidak ada), tidak ada imannya terhadap kitab2 Allah karena dalam ayat2
Quran itu korupsi tidak boleh, tidak ada iman terhadap Rasul-Nya karena
rasulullah tidak mengajarkan korupsi, tidak ada iman pada hari kebangkitan
karena setiap perbuatan baik atau buruk sekecil apapun pasti ada
balasannya - kalau tidak di dunia, ya nanti.

Iman yang dalam Quran kata para ahli ada dalam berbagai bentuk (yu'minu,
yu'minun, amanu, mu'min dan mu'minun) ada tidak kurang dari 550 kali,
menunjukkan iman merupakan kunci pokok dalam membentuk keislaman seseorang.
Iman dan Islam satu kesatuan yang saling mengisi - iman tidak ada artinya
tanpa amal soleh dan amal soleh akan sia-sia tanpa dilandasi iman seperti
yang dijelaskan al'Ashr 1-3. Iman sebagai akidah, Islam sebagai syariat dan
Ihsan sebagai akhlak kepada Allah, sesama manusia dan makhluk Allah lainnya.

Jadi yang bisa kita lihat adalah hal2 yang fisik secara kasat mata - bisa
dilihat atau dirasakan panca indra kita.  Misalnya orang terlihat begitu
baik tutur katanya, dermawan suka ngasih2 ke tetangga yang miskin.  Kita
hanya bisa bicara "orang itu akhlaknya baik" - tapi apakah orang itu
bertutur kata baik dan kedermawanannya itu karena ingin dipuji Allah atau
bener2 karena Allah (segala amal solehnya) - karena keimanannya - kita tidak
tidak pernah tahu, itu hanya Allah yang tahu.  Kita hanya memberi nilai baik
untuk segala tingkah laku - akhlak yang terlihat di orang lain, urusan
keimanan - urusan ketauhidan seseorang itu hanya Allah yang tahu, begitu?

salam
Aisha
From: "He-Man" <[EMAIL PROTECTED]>

> Yang berhak mengklaim tauhid seseorang itu sudah oke itu cuma Allah
> bukan Sutiyoso. Berhentilah bermain-main sebagai Tuhan ini salah satu
> dasar utama Tauhid.

master sufi ya Kang Bejo ? :)