Penjabaran Pak Ary dan Pak He-Man make sense. Orang Bugis-Makassar
gitu yak?

Kalau saya bilang matriarchaat dan patriarchaat itu relatif satu
sama lain, dan ngomongin kebudayaan yang lebih aslinya. Kebudayaan
Sumatra yang rata-rata matriarchaat adalah peninggalan kuno,  tentu
saja sudah sangat archaic dan mengalami pergeseran fundamental. Lain
dengan patriarchaat di Jawa-Bali yang 'diperbaharui' terus...:-)

Kayaknya ada common denominator dari thread ini.  Bahwa pengaruh
poligami di Jawa dan Sumatra itu lantaran pergeseran dengan budaya
lain yang lebih macho, Arab, Cina dan Eropa. Kalo nggak salah mbak
Chae pernah bilang ini juga.  Termasuk Minang misalnya, bukannya
pada masa itu Adat Minang matriarchaat clash berat dengan Wahhabism,
He-Man? Wajarlah ketularan poligaminya Wahhabi...:-)

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "He-Man" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Poligami itu produk budaya bukan produk agama, kebiasaan masyarakat
> untuk berpoligami ditentukan juga oleh budaya yang
bersangkutan.Orang
> [...]
besar
> dia harus keluar dari rumah dan tinggal di surau.Kesamaannya
dengan orang
> Bugis adalah laki-laki mereka  mobilitasnya jadi tinggi dan
eksesnya kawin
> dimana-mana.
>
> Beda dengan orang Jawa yang masyarakatnya agraris menetap makanya
> budaya poligami tidak terlalu umum terjadi di masyarakat hanya
dikalangan
> yang memiliki kekuasaan saja dimana banyaknya istri itu dianggap
sebagai
> salah satu simbol statusnya di masyarakat.

dan "maskulinitas",

Kalo yang
Sedangkan

memperbanyak relasi