mas Abdi yss,

Yuk, sekarang coba di'petani' apa yang dikatakan oleh Pak Tifatul Sembiring
di surat kabar itu.
Terus terang, saya merasakan ketika politisi bicara, yang ada kebanyakan
hanya "retorika" belaka dengan menciptakan hantu-hantu untuk kepentingan
sesaat dan sekarang.
Apa sebetulnya maksudnya beliau itu.

Termasuk dalam berita ini yang anda posting di bawah ini. Silahkan Anda coba
perhatikan, apa sebetulnya ISI dari komentar2 beliau itu. Contohnya:

1. ''Sekarang ini, ada kelompok atau perorangan, dan jangan
ditambah-tambahi, jadi saya tidak sebut partai, tidak sebut perorangan, tapi
cirinya adalah `ideologi status quo Orde Baru` (ini boleh ditulis), yang
tersebar dan ingin menggeser positioning PKS dalam koalisi ini,''.

Positioning macam apa sebetulnya yang dimiliki PKS dalam koalisi yang
berjalan bersama pemerintah?
Pergeseran positioning macam apa yang diinginkan oleh "ideologi status quo"
?
Apa sekarang itu PKS memiliki posisi mempengaruhi pemerintah?
Apakah selama ini PKS ikut bertanggung jawab thd setiap kebijakan
pemerintah?
Lalu bagaimana hubungan JK yang WaPres didukung oleh PKS dengan JK sebagai
ketua Golkar?

2. "Gerakan ini, kata Tifatul, sangat kuat. Pola yang dilakukan kelompok ini
adalah dengan menciptakan opini yang memojokkan PKS".

Memojokkan yang bagaimana? Apanya yang dipojokkan dll.

3.  "Karena itu, kata Tifatul, pihaknya ingin menegaskan sekali lagi,
mengapa Majelis Syuro memutuskan untuk tetap menjadi mitra kritis
konstruktif bagi pemerintah"

Apa maksudnya mitra kritis? Apa makna kekritisan PKS ketika BBM dinaikkan
dll.?

Sekarang mas Abdi ganti dalam artikel itu setiap kata "Tifatul Sembiring"
dengan "Harmoko", lalu "ideologi orde baru" dengan "Komunis". Perhatikan
"nuansa" yang diciptakan oleh komentar-komentar tokoh yang sama.
Anda akan bisa rasakan bahwa situasi perpolitikan kita sama sekali belum
berubah, walaupun politisi itu datang dari PKS sekalipun. Dan memang yang
model begini bukan monopoli PKS saja.

Simpati boleh, tapi harus tetap kritis mas Abdi.
Jangan sampai kita hanya jadi pion-pion saja, kerbau2 yang dicocok
hidungnya. Digiring ke sana-sini tanpa betul-betul tahu apa yang terjadi dan
hanya untuk diperalat "ghirah" untuk menegakkan yang haq dengan
slogan-slogan dan simbol-simbol.

Salam
Ary