Jadi inget sama Mandela, ini tokoh nyata yang masih hidup lho.
Dua puluh tahun sedemikian rupa diperlakukan oleh rezim Apartheid,
ketika saatnya dia mampu membalas perlakuan itu tidak sedikit pun emosi
kemarahan muncul dalam diri beliau.
Didudukkannya mana yang benar dan mana yang salah, dan orangnya eh malah
dimaafkan.
Padahal pendukung-pendukungnya sudah gemees...;)

Yang pentingkan beliau tidak akan melotot, mencak-mencak gaya preman hantam
sini, hantam sana.
Paling dibilangin baik-baik..."Hooooooy ini aku isa, ceritanya bukan gitu,
tapi begini...begini..."
lha kan "tidak ada paksaan dalam dien..."
Nggak mungkin Rasulullah Isa as melanggar hal itu...

Lagian, emang yang kita lakukan kan hanya ucapan "selamat merayakan hari
Natal",
"whatever Natal is for them" emang ada urusannya apa kita dengan Tuhan
mereka segala?
Bahasa Inggrisnya malah Merry Christmas,  yang kira-kira "semoga memperoleh
kebahagiaan dalam kumpul2 kristen anda" mirip dg model "have a nice
weekend". So nggak ada hubungannya dengan segala tetek bengek ttg ketuhanan
mereka.

Sebagai muslim kita percaya, bahwa pada hakekatnya, apapun perbedaan
kepercayaan yang ada,
"Tuhan kita, mereka, sekalian alam, itu sama dan satu." Lalu bagaimana
mungkin kita bisa bilang "tuhan anda", "tuhan saya" ?. Adanya orang yang
menghamba pada tuhan yang lain mis. uang, jabatan, kedudukan,keluarga,
idea-idea dll.,  kan tidak merubah fakta itu bukan?

Salam
Ary