Pada tanggal 12/23/05, Ary Setijadi Prihatmanto <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> [...]

Ikutan nimbrung ya.. :-)
Kalimatnya mirip sama joke orang ditanya 'jam berapa' tuh, bos.. :-p

"liberal"-nya pake tanda kutip lho....
> habis apa-apa yang nggak termasuk yang "itu", langsung saja dikasih cap
> liberal...

Tadinya saya mau nulis ini kemarin bertepatan dengan hari Ibu.
Berhubung kemarin agak sulit nyari waktu senggang (pulang kerja - sampe
rumah
jam 1/2 11 malam), jadi baru sempet hari ini respon.

Sewaktu saya masih ikutan pengajian 'itu' (eh itu-nya sama gak ya? :-p),
saya kerap berbeda pendapat dengan Alm. Ibu (saya memanggil beliau Mamah).
Salah satu topiknya ya soal ucapan hari raya kepada non muslim.
Mamah saya termasuk orang yang tidak keberatan dengan pengucapan ini.
Waktu itu saya sempat menyayangkan sikap Amien Rais (bisa dibilang sama
dengan yang Dien Syamsudin tunjukkan sekarang).

Namun satu hal menarik yang kami sepakati bersama adalah bagi sebagian
(atau semua?) kalangan non muslim, terlihat bahwa ucapan/lisan tidak
harus selalu sama dengan hati. Sebagai contoh lihat saja kalangan
non-muslim yang dengan lancarnya ngomong 'Ya Allah', 'Alhamdulillah',
'Insya Allah', dll.. Bahkan tidak sedikit aktor/aktris non-muslim yang
berakting sholat. Ini kan namanya komersialisasi agama. :-|

AFAIK dalam Islam, iman itu diucapkan dengan lisan, dibenarkan dengan
hati dan dibuktikan dengan tindakan. Jadi apa yang keluar dari lisan bukan
cuma sekedarnya saja. Tapi ada kaitannya dengan aspek lain (kesesuain
dengan hati dan tindakan).

Barangkali ini yang mendasari pemikiran sebagian orang yang melarang
pengucapan semacam ini - tidak sembarangan mengeluarkan ucapan
selamat hari raya kepada yang beragama lain.

Meski demikian IMHO, mestinya pandangan semacam ini biarlah menjadi
pendapat pribadi" (yang mau saja) - tidak perlu disebarluaskan ke area
publik. Karena manfaatnya relatif kecil dibanding manfaatnya.
Yang ada sekarang malah himbauan semacam itu mendapat 'cemoohan'.
Pepatah bilang, 1 musuh terlalu banyak.
Yang lebih adalah penting masing" pihak sadar akan konsekuensi dari
tindakannya.

Wallahu a'lam.. CMIIW..

Yang pasti saya percaya mbak Herni nggak akan ngeluarin "fatwa mati" ...
> he he he he he...
>
> Salam
> Ary

Wassalam,