menurut saya :
1. Mengucapkan salam, selamat, simpati, nasihat itu kan harus tulus. Dari hati.
Jangan melulu karena kebiasaan, keharusan atau balas budi.
Kalo cuma bersalam ecek2 [ tapi dengan kosakata agama], yang terjadi adalah
seperti
ucapan 'assalamu'alaikum' menjadi 'sam lekom' - kumsalam" :-)

2. Di budaya indonesia nggak populer memberi salam, simpati secara verbal atau
kirim kartu.
Budaya kita lebih pada melakukan ritual, upacara2, slamatan, sebagai ungkapan
simpati atau rasa syukur
Yg kadang2 juga dengan melibatkan unsur agama
Bahkan :
Ada bahasa daerah di indonesia yg tidak mengenal kata 'terimakasih'.
Ungkapan terimakasih, simpati, di tampilkan dengan upacara-upacara, ritual,
persembahan.

Sehingga ketika mau tak mau berinteraksi dengan budaya luar, gesekan itu sering
terjadi.
Ketika hanya menyampaikan [secara tulus] ungkapan, ucapan peristiwa keagamaan
kepada pihak lain;
ditengarai sebagai keikutsertaan suatu ritual, upacara [keagamaan] yg dianggap
mengada-ada - bid'ah.
Merusak akidah. Mengkhianati islam. Berdosa. Musyrik. Masya Allah!

Perayaan agama [islam] di indonesia yg semarak dirayakan hanya lebaran- idul
fitri.
Tapi menjelang tahun baru 2006 banyak pengajian2 yg semangat mengadakan
renungan tahun baruan masehi
Kumpul2, makan2, dengan sedikit tausyiah :-)
Tahun baru 1 Muharram, maulid Nabi SAW kadang2 terlewat begitu saja, bahkan
sampai nggak tahu kapan?... :-(

3. Afaik, Jika kita mengucapkan 'season's greeting' [ seperti ucapan di
kartu2], afdolnya kan
bagi orang2  [ nonmuslim/muslim] yg tinggal di negara 4 musim [ desember ini
mungkin sedang musim salju].
Karena biasanya sejak desember sudah liburan. Kartu2 ini untuk memberi ucapan
selamat berlibur, mudik.
Kalo di indonesia -jakarta, desember ini biasanya sedang musim mangga, musim
duren, musim jeruk,
musim sawo di Banten lama :-)
Karena kalau dibilang musim kemarau, musim hujan, gak tepat. Musim hujan dan
kemaraunya sudah acak adut.

Jadi ucapan natal yg isnad nya baik adalah : "Merry Christmas and  Happy New
Year" atau
Selamat hari Natal dan Tahun Baru ( ini tanya ke pusat bahasa )
:-)

Selamat Tahun Baru 1 Januari 2006 bagi semuanya!

salam
l.meilany