----- Original Message -----
From: "melumilis" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, January 04, 2006 1:36 AM
Subject: [wanita-muslimah] Re: Fwd: Sedikit tentang Pimpinan Puncak PKS

> [...]
> berbuat"
>
> Saya pahami Mas permasalahannya.
> Seperti kata Mbak Herni, idealnya DPR atau semua lembaga pemerintahan
> harus membuka dokumen2 mereka seperti notulen rapat dll agar masyarakat
> mempunyai parameter yang obyektif dalam menilai kinerja aleg.
> Saya tdk tahu apakah aturan transpansi seperti itu sdh ada di Ina.
> Namun perlu diingat bahwa kitapun jg bisa menilai sesuatu itu
> bohong atau kenyataan dgn melihat siapa yg bicara.
> Kalau yg bicara org adalah org yg kita kenal track record kejujurannya,
> tentu umumnya kita akan percaya pada omongan org tsb.

Saya kira secara default rapat-rapat DPR itu sifatnya terbuka.
Selain itu IMHO ada loophole-nya, jika rapat DPR itu tertutup,
mungkin mbak Herni lebih tahu,
apa sih ancaman hukumannya anggota DPR yang menyebarluaskannya?.

Betul, bahwa track record kejujuran itu bisa digunakan untuk menilai orang.
Tapi hal itu, track record kejujuran, tidak bisa digunakan secara sebarang.
Hal itu IMHO hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat.
Karena penggunaan track record kejujuran akan memutus lingkaran bagaimana
mencipatkan sistem yang baik, yaitu transparan dan memungkinkan terjadinya
kontrol, cek dan recek. Legislator PKS juga manusia biasa, Anggota Majelis
Syuro juga manusia biasa. Setiap saat mungkin mereka lalai, itu wajarnya
manusia. Bagaimana yang lain bisa memperbaiki jika modalnya hanya
kepercayaan?

> Ini yang
>
> Intinya mungkin adalah PKS berusaha agar SBY-JK menjalankan agenda2
> pembersihan KKN dari tubuh pemerintahan serta membuat program2 yg
> "peduli" kepada rakyat. Selain itu adalah menerapkan kebijakan2 yg
> ramah bagi tumbuhnya dakwah Islam di Ina.

Kalimat diatas sebetulnya bisa saja diberikan oleh partai yang hanya
berkiprah di parlemen.
Karena disitulah fungsi DPR bukan? Pengawasan thd jalannya pemerintahan,
memberikan pendapat-pendapat, memberikan penilaian rancangan budget (ini
terkait dengan kegiatan lho), membuat UU dll.

Hal di atas sebetulnya, belum memberikan jawaban "Apa sebetulnya yang
diinginkan PKS ketika masuk sbg. bagian dari koalisi pemerintah?". Apakah
jabatan mentri?. Kalau sudah jadi mentri lalu ngapain? Bagaimana kalau
ide-ide mentri tersebut tidak terpakai oleh pemerintah, karena memang
mungkin penunjukkannya hanya politis?
Apa keluar dari koalisi, mentrinya mengundurkan diri?

Dulu 5 tahun lalu PKS memang nggak bisa banyak bergerak, akibatnya bicara
saja cukup. Emang mau ngapain, nggak ada yang bisa dikerjakan kan saat itu.
Sekarang PKS punya peluang untuk ikut "main" atau tetáp istiqamah,  para
kader PKS sebetulnya berhak bertanya ttg hal ini sampai jauh dan dalam.
Karena saat ini adalah hal ini lah yang akan memperlihatkan hal yang
sebenarnya ttg PKS.

Ibaratnya, orang nggak korupsi karena nggak ada peluang korupsi lalu bicara
anti korupsi, memang tidak perlu ditelisik lebih lanjut nggak perlu diaudit,
emang nggak bisa korupsi kok. Tapi ada orang yang punya peluang untuk
korupsi lalu bicara anti korupsi, kan tetep harus diaudit juga bukan?.

> [...]
> Kebijakan impor beras di saat beras melimpah di tangan petani adalah
> kebijakan yg tidak mempedulikan nasib petani.
> Mentan berusaha agat tidak usah impor beras krn nantinya akan membuat
> harga beras terpuruk yg akhirnya akan makin melemahkan semangat petani
> utk menanam padi.
> Tapi dalam lingkungan koalisi SBY-Jk ada yg berpikiran lebih baik
> impor beras saja.
> Jadi dalam koalisi terjadi juga perbedaan2 pemikiran spt itu. Nah
> disini PKS berusaha agar Presiden memilih kebijakan yg berpihak pd

Sama juga kembali dengan urusan BBM bukan? Juga Tunjangan DPR? PKS katanya
menolak.
Nah setelah hal itu tidak terjadi, lalu apa yang PKS mau lakukan?
Apa yang PKS mau lakukan ketika pemerintah bersikap berbeda dengan PKS.

Tugas utama PKS ke masyarakat itu sebagai partai politik yang mendapat suara
7% itu, bukan organisasi amal.
Kalau organisasi amal itu hanya fungsi sekunder saja.
Tugas sebagai partai politik itu yang sekarang dipertanyakan.
Dan sejauh ini memang PKS sbg. partai politik memang nggak beda dng yang
lain.

Salam
Ary