Pak Wida,
Teman saya rumahnya kebobolan pencuri saat dia ke luar kota, padahal dia
sudah menitipkan rumahnya ke satpam di kompleks perumahannya selain nyuruh
salah seorang pegawainya menunggui rumah, artinya dia sudah cukup
berhati-hati.  Jadi dia langsung sewot dan mendatangi RT/RW, kepala pos
keamanan, dll.  Ternyata tanggapannya mengecewakan, orang2 yang bertugas
cenderung cuek, entah ini memang sudah jadi wajah bangsa ini, orang2 tidak
prof melakukan tugasnya ..:-(

Akhirnya daripada sibuk ngurus minta tolong orang lain atau menyalahkan
orang lain, teman saya ini membentengi diri lebih kuat, bikin pagar lebih
tinggi, pintu 2 lapis, mencari penunggu yang lebih bisa dipercaya, dll.
Artinya dia berusaha untuk membuat 'pagar' untuk keselamatan diri dan
keluarganya daripada sibuk mencari kambing hitam dan mau merubah lingkungan
yang lebih besar.

Sama dengan kasus ATM kondom ini, setahu saya ini didirikan untuk mengurangi
penyebaran penyakit/infeksi akibat hubungan seks seperti di lokalisasi
pelacuran dan hotel.  Pak Wida ngasih contoh remaja yang jadi lebih bebas
melakukan hubungan seks karena ATM kondom ini dan menyalahkan ATM kondom
yang tentu saja tidak dimaksudkan untuk membuat remaja berseks bebas karena
bebas dari kehamilan - kenapa tidak mencontoh teman saya ini yang membuat
'pagar' - jadi kalau pak Wida punya anak2 remaja - didik aja, bentengi
dirinya dari seks bebas dengan membuat remaja ini mengerti atau memahami
kenapa dia tidak boleh berseks bebas - pendidikan yang baik itu kan membuat
orang bertanggung jawab, ayah saya selalu mengatakan saya bebas berbuat apa
saja tapi setiap pilihan saya ada resikonya bagi saya pribadi, bagi
keluarga, bagi orang2 lainnya - jadi kalau ada apa2 lebih baik keputusan
untuk memilih sesuatu itu dibicarakan dengan orang lain yang mungkin punya
perspektif lain atau pengalaman tertentu.  Lalu jika kita sudah memilih
sesuatu, harus tanggung jawab dengan pilihan itu.

Oh ya, di supermarket juga banyak dijual kondom, dulu ketika di WM ada
diskusi kondom rasa buah, saya jadi penasaran dan memperhatikan kondom2 di
dekat kasir, heeee ... ternyata banyak juga orang muda yang sambil lewat ke
kasir memasukkan kondom ke tas belanjaannya, mereka tidak malu2 tuh pak
Wida.  Temen2 lainnya di WM ini ada juga yang cerita kondom mudah didapat di
warung2, jadi mungkin pak Wida malu beli kondom tapi generasi muda tidak
malu beli kondom sebelum ada ATM kondom-pun.

Tentang minuman beralkohol, memang di kita gampang sekali memperolehnya, di
toko2 kecil juga banyak yang jual, di warung2 juga.  Di negara tetangga
misalnya Australia yang tentu saja mayoritas non muslim malah lebih ketat -
dibawah 18 tahun tidak bisa beli rokok, minuman beralkohol.  Kalau
dilanggar, yang kena anak muda pembelinya dan penjualnya juga, dan mereka
bener2 nerapin hukumnya, di kita yang mayoritas muslim bagaimana? Longgar
banget kan?

salam
Aisha
----------
From: <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [wanita-muslimah] ATM Kondom, Perlukah?

Mungkin betul bu Meilan. Mungkin tidak terlalu berhubungan. Tetapi mungkin
saja berhubungan. Example:

Jika ada sepasang remaja akan melakukan seks bebas, salah seorang
bertanya: Bagaimana kita melakukannya? Yang satu menjawab: Gampang! Pan
sekarang ade ATM kondom! Ntar malem gue ngelayap ke sana deh. Gue ambil
beberapa, murah lagi!

Hari ini mungkin mereka masih kebingungan. Antara malu untuk membeli
kondom. Malu sama penjaga apotek atau malu sama penjual jamu. Ngapain lu
anak masih bau kencur mau beli kondom hah! Jangankan anak-anak, yang sudah
bapak-bapak aja malu! Mbak... eh, mas... mau beli "sarung" nya... Sarung
apaan! Sarung gue! Maaf... maksudnya... kond...m. #$%^&*()8-.

Jadi ada akses yang lebih mudah untuk mendapatkan Kondom tanpa muka
malu-malu lagi. Wong yang dihadepin itu mesin! Boro-boro malu ama
malaikat! Dan celakanya, biasanya pengguna kondom itu ya.. untuk zina!
Jarang antara suami istri. Maka akses dan kemudahan untuk zina menjadi
lebih besar lagi. Maka kemungkinan untuk sina menjadi lebih besar lagi.
Remaja seks bebas, dewasa zina dan selingkuh.

Ini seperti menyediakan bir di tempat umum hari ini bagi yang suka mabuk.
Sudah semakin dipermudah aksesnya. Mao mabok mah sekarang gampang! Betapa
sedih saya melihat anak-anak tanggung dengan anting di telinga sebelah
menenteng beberapa botol bir ikut antri di perbelanjaan. Anak muda! Mau
jadi apa kau?

Jadi ingat lagunya Chandra Darusman...

"pemuda kemana langkahmu menuju... apa yang membuat engkau ragu? tujuan
sejati menunggumu sudah tetaplah pada pendirian semula...
kemana artinya berjuang... tanpa sebuah pengorbanan... kemana arti rasa
satu itu?..."

Sebuah lagu yang menyiratkan masa depan generasi muda. Lalu kemanakah
generasi muda kita menuju???

Sekali lagi, saya bisa salah, tapi bisa benar juga kan ya... 8-)