Mas Satriyo,
hehehe ... kembali lagi tanggapannya per alinea, malah jadi mbingungin untuk
saya ..:)

Alhamdulillah kalau memang hatinya mas Satriyo mengatakan tidak benci Cak
Nur karena mas Satriyo sendiri kan belum baca semua tulisan atau berdiskusi
secara langsung dengan alm, rasanya tidak adil jika ada orang yang langsung
mencap ini itu sesuatu yang jelek hanya karena ada orang lain misalnya Adian
Husaini yang katanya sudah membaca semua tulisan dan buku alm dan berdiskusi
langsung - apakah pak Adian ini selalu bersama Cak Nur, dalam arti selalu
berdialog dalam waktu yang panjang selama bertahun-tahun sehingga tahu
persis perkembangan pemikiran Cak Nur setiap saat? atau hanya karena satu
perguruan dan pernah ngobrol beberapa kali saja? Maaf saya tanya tentang pa
Adian ini sebab saya rasanya tidak pernah dengar nama ini di level nasional.
Jika Cak Nur pernah di Gontor, lulusan Gontor tentu saja banyak sekali dan
tidak semuanya pemikirannya bisa dikenal di level nasional kan? Apakah ada
pemikiran pak Adian ini yang bergaung secara nasional untuk kepentingan
bangsa?

Sampai sekarang saya masih belum mengerti, pemikiran Cak Nur seperti apa
yang bisa membuat rusak umat Islam di Indonesia?  Apakah Cak Nur itu
kriminal yang dalam ceramah2nya mengobarkan semangat untuk menipu, membunuh,
mencuri, memperkosa, melacur, mabuk2an, membom, seks bebas, dll yang
dilarang agama dan menyebabkan kerugian bagi manusia lainnya?

Tentang rasa marah karena menghina Allah dan Rasul itu seperti apa mas
Satriyo? Apakah Cak Nur melakukan hal tersebut karena anak istrinya tidak
berjilbab? apakah cak Nur menghina Allah dan Rasul karena anaknya nikah
dengan Yahudi walaupun masuk Islam?  bagi saya - saya marah (tentu saja
marah saya ini tidak dengan physical violence) jika seseorang itu menghina
Allah dan Rasul karena melakukan apa yang dilarang agama - misalnya
membunuh, maling, korupsi, dll. Yang dilarang agama itu (dilarang Allah &
Rasul) kan untuk kebaikan manusia karena perbuatan2 itu merugikan harta,
nyawa, dll punya orang lain.  Urusan tidak berjilbab dan nikah dengan Yahudi
itu urusan pribadi orang lain, jika tidak berjilbab dalam arti tidak menutup
kepala dengan kerudung - apakah anak istri Cak Nur memang serba terbuka
bajunya memperlihatkan dada, pahanya? Saya tidak kenal secara pribadi tapi
pernah lihat di tv atau koran - mereka berbaju tertutup - apakah gaya
berbaju mereka itu merugikan orang lainnya? Jika perempuan tidak berjilbab
dianggap merusak moral orang lain - apakah gaya berbaju mereka membuat laki2
lain terangsang lalu memperkosa?  Menikah dengan Yahudi itu merugikan orang
lain? Bagi saya koruptor2 yang menghina Allah dan Rasul - jelas2 ngambil
uang rakyat sementara banyak rakyat yang sampai kurang gizi - busung lapar,
kena lumpuh layuh, kena flu burung, kena DBD, dll, tapi kenapa umat Islam
diam2 saja?  Kenapa ada kelompok orang-orang yang ribut tentang pemikiran
orang lain tapi tidak ribut dengan perbuatan2 umat Islam yang jelas2
merugikan dan dilarang agama?

Satu lagi yang ingin saya tanyakan, mas Satriyo mengatakan "...adapun
penafisiran beliau tentang suatu ayat atau surat atau ibadah mahdah, selama
itu 'bagus',... ya 'bagus.' .... bagus untuk Cak Nur itu dalam tanda kutip,
maksudnya apa? kenapa tidak bagus tanpa tanda kutip?

btw, mas Satriyo pernah melihat mas Ulil bicara secara langsung atau di tv
atau baca tulisan dan bukunya? apakah dia bicara dan menulis dengan vulgar
dan selebor? seperti apa vulgar & slebornya? pakai kata2 kasar? wajahnya
beringas? atau bagaimana?

salam
Aisha
----------
From: "satriyo" <[EMAIL PROTECTED]>
mba Aisha,
On 1/19/06, Aisha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> membenci dan kita tidak menggunakan kata benci itu dalam tulisan kita,
tapi
> rasa benci atau rasa tidak suka itu akan tergambar dalam tulisan kita, dan
> yang lain mungkin hanya menganggap 'eh orang ini kok benci banget ya ke mr
> X, segitu sewotnya, dll", orang hanya sebatas mengira berdasarkan apa2
yang
> tertulis dalam milis. Tapi rasanya ada hadis yang mengatakan "tanyalah
> hatimu" (cmiiw) - kita yang menilai diri sendiri, apa iya kita membenci
> sesuatu? atau iya kita suka sesuatu? dll.

alhamdulillah, saya pribadi mengatakan sejujurnya apa yang ada di hati saya
... tapi sulit ya, kan tetap saja tidak memenuhi kriteria ilmiah yang cukup
dituntut dari sementara kalangan di sini ...

Bukan hanya berseberangan pendapat, tapi marahpun kan kita boleh saja - tapi
> yang harus dijaga itu bagaimana caranya, cara marah yang baik dan cara
> berseberangan pendapat yang baik.  Kemampuan ini tidak datang begitu saja,
> perlu ilmunya dan latihan, di milis kita akan bisa belajar kemampuan2
> tersebut.

yang saya tahu, marah itu hanya ketika Allah dan Rasulnya dihina, dan bukan
karena pribadi kita tersinggung. nah memang cara marahnya pun sebaiknya yang
patut artinya tetap pada jalur emosi yang terkendali. dan itu dicontohkan
oleh baginda Rasul ...
nah ketika ada saudara kita seiman yang rasa-rasanya -- gak ilmiah ya? --
mulai 'menghina' Allah dan Rasulnya, tentu kita tegur dan nasehati.
masalahnya ketika sejumlah kalangan baik yang sepun dan sejawat sudah
berusaha menasehati tapi tetap saja yang bersangkutan bak 'anjing
menggonggong kafilah tetap berlalu' maka siapa yang tidak marah? marah yang
patut ya tentu. nah ketika ada kalangan yang memang lebih tidak terlalu
terpelajar merasa pendapat yang bersangkutan itu menghinakan Allah dan
Rasul, tentu cara marahnya juga mencerminkan tingkat ilmu dan pehamannya.
untuk yang ini kita sendiri tetap menegur. artinya niatnya baik yaitu
'marah' tapi caranya salah. jadi bukan malah membenarkan marahnya mereka
yang 'sekubu' (gak ada hubungan dengan memusuhi loh ya pemakaian kata
'kubu') tanpa peduli cara 'teman sekubu' ini melampiaskan atau mengungkapkan
ketidak setujuan mereka ...

Tentang cak Nur, saya tidak kenal secara pribadi - tapi saya baca beberapa
> [...]
> Ternyata tulisan dan bukunya banyaaaak sekali, sayang saya belum bisa
> membaca semua tulisan & buku2 itu karena memang saya tidak memiliki secara
> lengkap, pernah tulisan2nya saya simpan, belum sempat baca semua - HDnya
> rusak, hilanglah semuanya.  Buku2nyapun belum saya miliki semuanya. Bagi
> saya pribadi sebelum kita ribut mencap seseorang merusak agama atau sangat
> mengagungkan seseorang, lebih baik baca dulu semua tulisan lepas &
buku2nya,
> sehingga kita bisa melihat gambaran pemikirannya - lebih adil kan?

adil sekali. dan sudah ada yang melakukan itu, mas adian husaini namanya.
dan meski saya baru mau membaca bukunya, dari resensi yang pernah saya baca,
beliau secara objektif mengkritik pola pikir cak nur karena memang mas adina
dan cak nur sering berdiskusi dan kenal baik. adil kan?

Bagi saya pribadi, ada beberapa hal yang begitu berkesan ketika membaca atau
> [...]
tanah
> beratapkan langit' dalam berbagai versinya - mungkin kita bisa menolong
> anak2 yatim yang kesulitan biaya sekolah, mungkin kita bisa menolong anak2
> pengungsi akibat bencana alam atau kebakaran, mungkin kita memberi makan
> pengemis yang kehausan & kelaparan, dll.  Kita bisa berbuat apa saja
sesuai
> kemampuan kita, rasanya jika muslim yang mayoritas di negara ini mau
peduli
> ke muslim lainnya yang kurang beruntung, yang miskin itu akan lebih
sedikit.

memang beliau santun dan lembut, selayaknya orang yang lahir dan besar di
kultur jawa -- maaf bukan ashabiyah ni -- juga ke anak2 nya. nadia itu
santun dan sistematis jika bicara, sangat tenang. memang itu nilai lebih
beliau, sebagaimana juga SBY yang punya ciri yang sama. tapi itu tidak ada
hubungan dengan pemikiran beliau yang ketika secara ilmiah objektif 'salah'
ya 'salah' gitu. dan tentu pelabelan 'salah' atas pemikiran cak nur itu
datang dari kalangan yang kredibel untuk menyatakan itu, entah kalangan
'kakak' seperguruan di alma maternya di gontor, teman koleganya dulu di
chicago, adik2 seperguruannya yang sealma mater, dan para cemdekiawan
musllim lainnya, baik yang sekarang sudah almarhum jauh sebelum beliau atau
masih hidup. sekali lagi, beliau tidaklah 'vulgar' dan 'selebor' seperti
Ulil dkk yang mewakili generasi muslim muda intelek sekarang ini. tapi tetap
saja, ada buah pikiran beliau yang menyentuh inti aqidah dan itu yang
sebenarnya menjadi masalah. adapun penafisiran beliau tentang suatu ayat
atau surat atau ibadah mahdah, selama itu 'bagus',... ya 'bagus.'

Itu salah satunya, masih ada yang lainnya kata2 Cak Nur yang kesannya
> mendalam di diri saya, tapi masih ada pekerjaan lainnya yang harus saya
> kerjakan.  Bukankan kehidupan ini termasuk orang2nya (termasuk Cak Nur)
> adalah samudera hikmah? Kita ambil hikmahnya supaya hidup kita lebih
> bermakna.

seperti ucapan sayyidina Ali kan, 'perhatikan ucapannya, bukan siapa yang
mengucapkannya,' tentu dengan konteks yang sepadan.