saya juga tidak punya data, tapi dari pengalaman saya
sebagai seorang Jerman yang tinggal di Jerman,
berkembanganya Islam di sini terutama disebabkan oleh
orang imigran yang beragama Islam dan anak2 mereka
yang biasanya lebih banyak dari 2 anak.

Memang secara statistis terdapat juga kenaikan jumlah
orang Jerman yang masuk Islam, tapi itu biasanya kalau
ada orang Jerman ingin menikah dengan seorang Muslim
(biasanya Muslimah). Jadi kebanyakan dari orang Jerman
yang masuk Islam itu termasuk para "abangan".

Persentase orang Jerman yang masuk Islam karena mereka
benar2 ingin memeluk agama Islam agak naik, terutama
setelah 9/11. Tentu saja, para muallaf "serius" itu
semakin sering mendapat perhatian khusus di media
massa. Dalam media Muslim, mereka dianggap sebagai
"bukti" bahwa Islam itu "booming" di Eropa, sedangkan
dalam media Jerman, mereka biasanya diundang untuk
diskusi seputar masalah agama, terutama Islam, karena
mereka sebagai German native speakers diharapkan bisa
menerangkan dengan jelas kepada pemirsa tentang Islam
dan keyakinan mereka. Mereka dalam media Jerman
mewakili sebuah kelompok yang sangat marjinal dan
terasa asing sekali oleh orang Jerman mainstream.
Dalam diskusi di tv, biasanya mereka juga kurang
berhasil untuk meyakinkan para pemirsa bahwa
stereotip2 tentang Islam itu salah... :(

Jadi, secara umum, Islam masih sangat asing untuk
mainstream orang Jerman. Saya tidak yakin apakah itu
pantas untuk dibilang "booming". Yang jelas booming di
Jerman yaitu agama Buddisme dan aliran2nya. Bukunya
buanyak sekali, pasti laris, banyak bestseller (buku
bestseller ttg Islam biasanya membahas sisi negatif
budaya Islam... dari honor killings ke kawin
paksa...). Orang Jerman mainstream sangat tertarik
dengan ajaran Buddha, terutama meditasi dsb. Wajah
agama Buddha di Jerman sangat positif, friendly gitu,
dianggap benar2 bisa membawa kedamaian lahir batin.
Beda dengan agama2 Semit dengan konsep Tuhan yang
(katanya) terlalu mirip seorang ayah yang otoriter dan
cepat marah dan iri sama agama/Tuhan lain, yang selalu
pakai ngancam dengan neraka segala... nah orang Jerman
pada umumnya merasa metaforika neraka dan surga dan
Tuhan yang menghukum dengan sangat strict itu sudah
gak pas ama dunia kita zaman sekarang... metaforika
itu katanya terlalu mirip fantasi anak umur 5 tahun
tentang ayahnya yang otoriter dan bilang kamu harus
gini gitu, kalau tidak, awas kamu akan saya ... apa
gitu, tapi kalau kamu mau nurut, saya sayang sama kamu
dan kamu pasti bakal mendapatkan "bonus"... Nah orang2
sini sudah semakin susah percaya dengan konsep2
semacam itu. Ceramah Kristen sudah semakin jarang
bicara tentang neraka (ini Kristen mainstream di
Eropa, bukan kaum fundies di Amrik), tapi toh masih
tetap terasa gimana buat banyak orang Jerman. Nah
kalau Islam kan jauh lebih eksplisit lagi tentang
neraka dan surga dan hukuman dsb., jadi untuk
kebanyakan orang Jerman malah jauh lebih tidak
atraktif daripada agama Kristen.
Makanya spiritualisme dari Asia Timur seperti
Buddhisme sangat menarik untuk orang sini.

Herannya, artikel2 yang membanggakan orang bule masuk
Islam dan langsung mendiagnosa "booming" kok tidak
pernah melihat Buddhisme sebagai "saingan" yang patut
diperhatikan juga... semuanya hanya terfokus pada
Islam-Kristen, Kristen-Islam... apakah Buddhisme tak
usah dipikirin lagi gitu? dari awal sudah "out"
kayaknya? gak masuk skenario persaingan global
Kristen-Islam... sedangkan dalam realitas di negara
Barat, justru Buddhisme atau konsep2 spiritualisme
Hindu-Buddhis-dsb. (alirannya udah gak bisa
dihitung...) itu yang benar2 booming. Mungkin secara
statistik tidak begitu kelihatan, karena setahu saya,
banyak orang di sini sebenarnya lebih percaya sama
beberapa konsep Buddhisme daripada sama dogma agama
Kristen, tapi mereka belum keluar Kristen atau secara
resmi masuk Buddhisme. Hal2 spt itu dianggap terlalu
"lahiriah"... lain sama agama semit, di mana selalu
harus jelas, kamu ikutin agama A atau B... gak boleh
dicampur...

salam,
ni londo