--- Herni Sri Nurbayanti <[EMAIL PROTECTED]>
schrieb:
> Soal perkawinan campuran di Eropa? Bener kali, mbak.
> Aku kurang tau
> juga. Tanya sama Ni Londo atau mas Ayeye aja :-)
> Tapi sptnya lagi2
> masyarakat muslim di Eropa yg mungkin tidak terbuka
> dng perkawinan
> campuran. Jadi gantian ya, sama mental kumpeni dulu
> yg gak mau nikah
> sama pribumi, hehehe. Orang (pribumi) Islam yg
> sekarang punya mental
> begitu, gak mau nikah ma (eks) kumpeni..:-)

Kebetulan hari ini dalam koran Jerman Frankfurter
Allgemeine Zeitung ada sebuah artikel ttg politik
integrasi di Belanda. Katanya, sekitar 90% orang
Maroko dan Turki di Belanda menikah dalam kelompoknya
sendiri. Lebih dari 50% calon pasangan mereka baru
masuk ke Belanda shortly sebelum perkawinannya. Hampir
90% dari orang Turki dan Maroko yang imigrasi ke
Belanda datang dalam rangka perkawinan atau reuni
keluarga.

Kalau mahasiswa Indonesia di Jerman, yang saya melihat
adalah bahwa mereka biasanya juga tidak terbuka untuk
pacaran/nikah sama orang Jerman. Berteman saja
jarang...  Pasutri Indonesia-Jerman kebanyakan kenalan
di Indonesia, bukan di Jerman... trus si (calon) istri
(biasanya kan cewek Indo + cowok bule... lebih pas
kali ya?) ikut ke sini... tapi cewek2 Indo yg sudah di
sini dalam rangka studi jarang terbuka untuk
pacaran/nikah dengan orang Jerman... kalau cowok
kadang2 (tapi jarang tuh) ada yg pacaran ama cewek
bule, tapi biasanya gak lama trus putus...
Mungkin mirip dengan yang di Belanda ya Mbak Herni?

salam,
Ni Londo