Dulu zaman Rasul, mengunjungi ka'bah juga dilakukan oleh semua orang
dengan kepercayaan masing-masing. Makanya masing-masing suku yang dari
bermacam daerah di afrika bawa patung dewanya masing-masing buat di
simpan di samping ka'bah.

Yang melandasi perayaan kunjungan ka'bah ini adalah
komersialisme/kapitalisme. Bagi penguasa Quraisy enggak peduli apa
sebenarnya makna orang-orang nyekar ke Kab'bah yang penting fulus
mengalir deras ke kantong-kantong mereka. Nah kalau soal duit kagak
ada istilah berbagi sama rasa yang ada justru saling sikut-menyikut
yang akhirnya terjadi monopoli kekuasaan.

Kemudian Nabi tidak begitu saja menghilangkan ritual mengunjungi
Ka'bah karena memang dasarnya manusia itu butuh yang namanya
"simbol-simbol dan ritual-ritual" tapi Nabi memberikan makna/pemaknaan
baru terhadap ritual mengunjungi Ka'bah dengan ibadah Haji.

Wali songo juga begitu, ketika rakyat jawa sudah kadung senang dengan
ritual-ritual yang ada di dalam agama hindu termasuk simbol-simbolnya
dalam menghadapi berbagi peristiwa semisal kematian, kelahiran,
kehamilan, bikin rumah dan perayaan-perayaan lainya. Wali songo tidak
lantas menghapuskan begitu saja ritual2 yang sudah mendarah daging
tsb, tapi jusru memberikan pemaknaan baru terhadap ritual2 dan simbol2
tersebut. Semisal adanya tahlilan, bubur merah bubur putih dll.

Mungkin sekarang juga kita harus mencontoh sikap terladan Rasul dan
para wali dalam menyikapi perubahan zaman. Salah satunya hari
valentine yang banyak di gebyar2kan dengan landasan komersialisme ini
bisa di berikan makna baru. Bisa toh bagi kita Valintine tidak
dimaknai dengan ungkapan cinta hanya kepada orang-orang yang kita
cintai tapi juga kepada sesama manusia semisal hari valintine bisa
dimaknai dengan hari shadakoh???

HAPPY VALENTINE!!!!!!!!!!:)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Retno Wulandari"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> kenapa bukan hari James dean yang ganteng jugak euy?
>
> konon katanyah valentine itu darinama salah satu orang suci alias
> santo, yang berjuang melawan larangan menikah waktu jamanerrr jaman
> kapan yak? nah buat mengenang jasa si santo nan baik hati itu *lah iya
> lah, masa orang nak berkahwin dilarang2* maka dibuatlah hari lairnya
> menjadi hari valentine
>
> bener gak siy?
> yang pasti buat yang berjiwa bisnis, hari valentine adalah saatnya
> menangguk untung hehehe.... sama aja kayak hari2 besar agama,
> dikomersialisasi buat menggemukkan pundi2...

Katanya itu