kemarin malam saya lihat acara TV (jepang) yang lumayan menarik.
ceritanya, banyak orang-orang jepang yang ngga PD dengan fisik,
terutama wajahnya. ada semacam kebiasaan buruk yang disebut "ijime"
pada sebagian anak-anak jepang. salah satu bentuk ijime itu adalah
mengejek anak-anak (terutama perempuan) yang tidak cantik.

yang diejek kemudian mengalami trauma, yang terbawa hingga dewasa.
banyak kasus perempuan yang tidak puas dengan wajah atau bentuk
fisik lainnya, dan minta operasi plastik.

nah, di acara yang saya lihat kemarin ada wanita yang seperti itu.
dia nangis-nangis, minta operasi plastik, dengan harapan
penampilannya akan berubah.

tapi pembawa acara tidak setuju. katanya, wanita itu sama sekali
tidak jelek. apa yang ada di hatinya lah yang harus diubah, bukan
wajahnya.

lalu ia memperkenalkan orang itu ke beberapa ahli penampilan, yaitu
tata rias, tata rambut, dan tata busana. dengan nasihat orang-orang
itu, wanita tadi bisa tampil luar biasa, bertolak belakang dengan
citra yang dia miliki selama ini. dia jadi lebih cantik, dan yang
penting percaya diri.

saya jadi ingat buku-buku tentang tabarruj yang beredar di tanah
air. dari pembacaan sekilas saya lihat para ulama cenderung
menghujat wanita-wanita yang berhias. akibatnya banyak wanita yang
takut berhias.

berhias dalam konteks acara yang saya lihat tadi sama sekali bebas
dari unsur untuk memikat birahi lelaki. semata-mata untuk tampil
cantik dan enak dilihat. ini menimbulkan rasa percaya diri. hal
semacam ini menurut saya nggak perlu dilarang.

iya to?