Nah....dalam topik ini kita akan kembali diingatkan dengan tulisan BK:
mendayung diantara dua pulau. Tentu sudah banyak yang tahu, bahwa dua pulau
itu adalah sosialisme-komunisme dan liberalisme-kapitalisme. Topik lama
memang, namun tetap relevan. Lalu, lahirlah Pancasila yang - sayang - selama
32 tahun lebih perahu yang dikemudikan itu atas nama dan bukan untuk
Pancasila. Arah perahupun entahlah, kalau tidak ke pulau yang satu, tentu ke
pulau satunya lagi. Keadaan pun jadi tidak hitam - putih lagi.

Di awal-awal setelah pasca "masa revolusi" itu, modus seperti manajemen di
pulau yang satu itu saya kira ada dan dalam manajemen masih berlanjut sampai
sekarang: nasionalisasi perusahan-perusahaan asing, penunjukkan pimpinan
manajemen tertinggi di perusahaan (bumn2 itu), dan.....sama-rata dalam
kewajiban- tapi tidak diberikan kesempatan proporsional dalam hak usaha- di
bidang perkoperasian. Namun, dalam praktek, manajemen bumn ini kemudian
mengarah ke pulau satunya lagi (atau sebenarnya sudah berada disana?). Nah,
bagaimana ceritanya mendayung diantara dua pulau itu, masih berlaku?

manAR.