Kalau asosiasinya terbentuk, mungkin akan jadi bola salju. Paling
tidak dimulai sebagai perkumpulan curhat-curhat.

Menanggung nasib janda dan anaknya, maksudnya bagaimana mbak Lina?
Kalau itu soal tunjangan, tanpa klarifikasi, saya yakin sudah ada
provisi negara untuk itu.

Tapi, tulisan itu lebih ke persoalan eksistensi dan social pressure
secara keseluruhan, kan disebutnya janda warga negara kelas 3 -
dimana kelas satunya adalah laki-laki.

Saya belum pernah ke Saudi, tapi mengira-ngira dari sini - bahwa
penindasan perempuan sedemikian rupa mengakar, sehingga mereka
memendam kemarahan psikologis - sebaliknya cowoknya dimanjakan
sehingga jadi spoiled brats. Katanya, yang suka nyiksa TKW kita itu
perempuan-perempuan Saudi yah? Ini ekses dari kemarahan mereka
sendiri. Kekerasan membuahkan kekerasan.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Lina Dahlan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
> Salwa, to say nothing of her heartache and misery. My question is
what could the
> organization which the Saudi female academic wants to establish do
for Salwa and
> other divorced women? Dare I say nothing? In the end, there is no
law that holds
> men accountable or grants women safety, security and the certainty
that they can
> get the rights that the law should guarantee them.
>
>   Lina:
>   Kalau saya sih menyarankan organisasi perempuan arab ini untuk
menyatakan keberatannya atau mempertanyakan kepada pemerintah
kerajaan Arab Saudi untuk menanggung nasib para janda dan anaknya.
Bisa jadi, natinya, suaminya si Salwa ini akan berhadapan dengan
pemerintahan kerajaan Arab Saudi.