Whoaaaa,,, kalau Pak Chodjim sudah keluarkan isi "tas"nya, nyerah deh:-))

Sola Gratia (Hanya Karena Anugerah/Rahmat) dan Sola Fide (Hanya Karena
Iman)-nya Pak Chodjim sudah "khatam" banget :)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mbak, saya sebenarnya sangat akur dengan penjelasan Mbak Ida bahwa
dalam belajar agama-2 lain, kita harus merasakan seandainya kita ini
sebagai pemeluk agama itu.

IDA:
Iya Pak, saya bahkan "menanggalkan" identitas agama saya dahulu kalau
sedang belajar yang lain, sebab kalau pakai perspektif dan perangkat
nilai agama saya ya pasti benturan dan saya tidak akan pernah bisa
mengerti dan -yang penting- berempati.
Ibaratnya belajar matematika ngotot dengan pendekatan sastra ya kacau
beliau lah :) belum lagi alhasil diketawain komunitas matematika.

> Nah, saya protes itu karena kasihan bangsa Indonesia ini. Bayangkan
kalau orang Indonesia banyak beralih ke agama Kristen, lalu bisanya
cuma iman tanpa amaliah... Kan negeri ini terus-menerus jadi
pecundang, hehehe.... Lha, yang Islam saja --meski ada hadis di atas--
kita dorong untuk aktif "beriman dan beramal saleh" koq :)

IDA:
Maksud saya dengan 'logika' di posting terdahulu itu, ya soal ini,
bukan soal konsep keselamatannya.
Untuk mengerti konsep amaliah Kristen memang harus dilihat dengan
logika yang dibalik, karena konsep pahala itu tidak diajarkan.

Ajaran gereja menyatakan anugerah itu sudah didapat, amaliah adalah
bentuk pertanggungjawaban dari anugerah itu (hehehe,,, spt jargon
"bebas - bertanggung jawab" ya). Amaliah merupakan respon manusia atas
Rahmat itu.

Ajaran menyatakan, manusia ada dalam lingkaran dosa yang tak
terputuskan oleh amal kebaikan sebanyak apapun, (serupa dalam
Buddhism), maka anugerah itu datang untuk memutus tali itu dan
membebaskan manusia darinya (di sini masuk konsep Sola Gratia itu)

Anugerah/Rahmat yang sudah didapat itu bukan untuk diri sendiri,
manusia terpanggil untuk membagikannya. Kristen sejati adalah Kristen
yang membagikan kasih, membebaskan orang dari kemiskinan, kebodohan,
terpanggil untuk nge-wong-ke orang. Nah di sini "tafsir" kristenisasi
kadang terjadi, namun seperti juga banyak muslim yang literalis, di
kalangan Kristen juga banyak yang model demikian. Jadi panggilan
menjadi murid Yesus itu seharusnya tidak dipahami sebagai seruan
mengkristenkan orang (tafsir terus berkembang).

Metafora ajaran ini salah satunya adalah (mungkin juga tidak khas
Kristen): umat Kristiani seharusnya menjadi seperti buku yang terbuka,
yang di dalamnya orang bisa membaca kasih, sukacita, pengharapan,
pengampunan, dll. Tidak ada sama sekali seruan untuk tidak tulus,
bikin agenda supaya orang menjadi beragama Kristen.

Saya bayangkan, mungkin yang dilakukan Mangunwijaya, Ibu Theresa di
India, merupakan contoh yang ideal panggilan Kristiani ini (didalamnya
harus ada ketulusan, keikhlasan. Bukan kristenisasi. Orang menjadi
Kristen/tidak, itu urusan "Nur Hidayah" :-).

Umat mengejawantahkan ajaran ini dalam bentuk tindakan2 karitatif
seperti pembangunan rumah sakit -yang Pak Chodjim sebut2 itu- di mana
manusia yg sakit seharusnya di"sapa" dengan kasih (tapi kan sekarang
sudah banyak "penyelewengan", rumah sakit Kristen jadi RS mewah,
mahal, tidak ramah. "sapa"an itu tidak terasa lagi).

---Waaaa,,,, serasa jadi orang suci :).... jadi malu.... ----

Nah, Pak Chodjim yang ahli tafsir :) tafsir kan terus berkembang ya,
saya pikir praktik tanggung jawab/respon anugerah Kristiani ini
barangkali untuk masa sekarang lebih cocok diejawantahkan dalam bentuk
kerja sama, bersinergi dengan penganut agama2 lain yang juga
menyerukan amal-amalan.
Bekerja bersama, bahu membahu? Bukankah kemiskinan, kebodohan adalah
musuh bersama semua umat manusia?

Pak Chodjim, saya tidak berminat menulis panjang2 lho (terutama karena
takut ditimpuk ayat2 dari yang sudah khatam kitab Kristen :), kalau
ada yang bertanya/mempersoalkan lanjut, saya harus teriak minta tolong
Pak Chodjim lho,hehehe,,, pengetahuan agama Kristen saya belum sedalam
Pak Chodjim dengan Islam-nya.
(saya khan maunya ngobrol2 di warung Yu Juminten sambil ditraktir Pak
Chodjim :)

**ehm, soal Kartini, nggak ikut-ikut ah :)**

Tabik,
Ida.

> Dalam Islam misalnmya, ada ajaran yang dapat dikatakan hampir "plek"
sama dengan keselamatan yang diperoleh "bukan dari amal-baik" tapi
dengan iman. Ada hadisnya demikian, "suatu hari ada seseorang yang
dimasukkan ke dalam surga, lalu orang itu ditanya oleh malaikat tetang
apa yang telah diperbuatnya koq dia dimasukkan ke dalam surga. Orang
itu menjawab bahwa itu hasil dari amal salehnya ketika hidup di dunia.
Lalu, malaikat lapor kepada Tuhan tentang jawaban orang itu.
Selanjutnya, malaikat diperintahkan untuk mengambil sebutir biji
matanya. Tentu saja berdukalah orang itu dan bertanya kepada malaikat
mengapa sebutir matanya diambil. Singkat cerita, malaikat lapor ke
Tuhan ttg keluhan hamba-Nya itu, dan malaikat diperintahkan untuk
bertanya kepada si hamba itu, mana yang lebih berat nilainya antara
sebutir mata atau amal saleh." Nah, dari hadis ini disimpulkan bahwa
masuk surga --alias keselamatan-- itu bukan karena amal saleh tetapi
karena rahmat Tuhan (yang ini dalam ajaran Kristen karena iman).

> Ada yang dilupakan dalam kisah Kartini tersebut, bahwa Yesus pun
menolak orang-orang yang "hanya" menyebut "Tuhan, Tuhan..." (alias
sekadar iman). Di tempat lain, disebutkan bahwa tiada seorang pun bisa
memasuki Kerajaan Tuhan kecuali "as a child" (artinya tulus seperti
anak-anak).

> [...]
kita dorong untuk aktif "beriman dan beramal saleh" koq :)

> Dus, seharusnya kalau Kartini ikut mendorong negeri ini hidup
sejahtera, harus menyatukan "iman dan amal saleh yang disertai
kehidupan yang tulus seperti tulusnya anak kecil dalam berbuat".
Hal-hal yang demikian ini biasa saya obrolkan dengan saudara-saudara
sebangsa dan setanah-air yang beragama Kristiani. Ternyata, mereka pun
prihatin dalam menghadapi propaganda agamanya sendiri yang lebih
mengutamakan "persuasi" daripada motivasi untuk hidup benar!

> Jangan gundah ya Mbak kalau saya sesekali kelihatan "centil" eehh..
nyentil.. :))