khilafah adalah sistem politik yg sudah lama. demokrasi saya kira
adalah hasil evolusinya perlu kita perjuangkan.

kita perlu banyak belajar dari Amrik yg presiden pertamanya hanya mau
menjabat 2 kali walau kesempatan berikutnya masih terbuka untuknya.
sedangkan presiden pertama dan kedua kita (Indonesia) dulu maunya
menjabat seumur hidup.

kita juga harus meniru Umar bin Katab yg memiliki moralitas politik yg
cukup tinggi. sebenarnya dia memiliki peluang yg lebih besar
dibandingkan Abu Bakar Sidik ketika harus menggantikan Nabi Saw. namun
Umar tahu diri dan menyerahkannya pada Bakar.

Namun presiden kita yg sekarang ini tdk tahu diri waktu pemilu. Dia
tidak pernah berjuang waktu reformasi.. yaa nyalip di tikungan. Waktu
reformasi dia masih jadi jongos Wiranto yg jongosnya Soeharto.. jadi
RI 1 sekarang ini adalah jongosnya jongos Suharto waktu masa Reformasi.

Jadinya negara ini yaa.. begini ini.. gak maju-maju.