Akhir2 sering saya jumpai ucapan spt ini :
"keindahan tubuh seorang wanita yg dilukis, atau hasil photografi merupakan
sebuah karya seni yg indah, sehingga hanya orang yg berpikiran kotor yang
menganggap itu semua sebagai pornografi"
Saya hanya bingung saja, batasan seni itu sampai di mana.
Ok, sekarang di lain pihak, dulu sekali, ada beberapa kelompok musik cadas
semodel WASP, black sabath, kiss  dll, yang digugat oleh masyarakat karena
liriknya "seolah" menganjurkan bunuh diri.
Kalau saja kelompok musik cadas tsb memakai sanggahan seperti argumen pelaku
seni, atau photografi di indonesia tsb, bisa saja mereka lepas dari tuduhan
pengadilan ....dengan argumen ..  "Musik kami kan sebuah karya seni, dan sebuah
karya seni tidak bisa dipersalahkan karena semua dikembalikan pada otak/rasa
seni masing-maing penikmat, kalau "ngeres" ya pasti lirik2 tersebut dianggap
ilegal, tapi kalau murni penikmat seni, lirik2 tb bisa indah didengar..."
Salah atau gak argumen di atas, jawabannya kalo menurut saya harus dikembalikan
pada hati nurani.  Hmmh ... jawabnya di dalam hati saja.

visit us  -  www.visitbandung.net