Setelah membaca alur kisah panjenengan, ada yang hilang dari skenario.. :)

(1) Tentunya Adam menunjukkan keunggulannya itu di surga sejak awal Adam
berada. Dus, Adam unjuk keunggulan terhadap malaikat di surga, dan semua
malaikat yang di luar surga tidak bisa menyaksikan atraksinya Adam... :)

(2) Tentunya ketika Adam unjuk keunngulan itu, iblis sudah terusir dari surga.
Koq bisa ya iblis berbisik terhadap keduanya. Berarti dunia luar yang dihuni
iblis dan surga yang dihuni Adam dan partnernya itu berhimpit dan dibatasi kain
yang tembus bisikan... hehehe

Bayangkan iblis di luar sono sanggup berbisik kepada Adam dan partnernya agar
mendekati "sajarah" itu. Ingat, kata "berbisik" maknanya suara yang diucapkan
halus sekali dan mulut iblis pun harus menempel di telinga Adam. Gimana ini
yang di luar surga bisa berbisik kepada yang di dalam surga?
:))

(3) Setelah iblis dikeluarkan dari surga, tentunya yang di surga tinggal Adam
dan partnernya. Intinya di surga tinggal berdua. Mengapa ya perintahnya koq
bukan "kalian berdua keluarlah!" (ihbithaa), tapi "keluar kamu semua dari
surga!" (ihbithuu). Rupanya masih banyak yang tertinggal di dalam surga, dan
semua dikeluarkan dari dalamnya gara-gara Adam & partner makan buah khuldi.
Lalu, dalam Albaqarah disebutkan juga, sebagian kamu menjadi musuh sebagian
yang lain. Koq nggak kamu berdua di bumi saling bermusuhan... :)

Segitu aja dulu, saya mau miting.

Salam,
chodjim