Budha lahir 500 tahun sebelum Yesus. Saat ini agama Budha dikenal sebagai
agama yang tidak mengenal konsep tentang Tuhan yang definitif. Tujuannya
adalah untuk mencapai Nirvana atau terhindar dari siklus terlahir kembali.
Jadi Budha masih percaya terhadap konsep Reinkarnasi. Konsep2nya banyak
yang baik untuk menuntun moral manusia menjadi baik.

Ada juga yang mengatakan bahwa Budha itu adalah nabi Dzulkifli. Dzulkifli
artinya adalah orang yang mempunyai / berasal dari Kifli / Kifla. Yaitu
kerajaan asal dari Budha, Kavila Vastu. Di dalam al-Qur'an nama Dzulkifli
disebut hanya dua kali bersama-sama dengan Ismail, Ilyasa dan Idris
sebagai orang yang sabar dan baik. Disebut paling belakang. Apakah itu
menunjukkan urutan? Saya belum menemukan kisah dari Dzulkifli ini. Siapa
yang bisa memberikan kepada saya, saya sampaikan terimakasih. Siapakah
Dzulkifli itu? Benarkah dia Budha? Jika benar, maka ia sesungguhnya adalah
juga seorang nabi Allah. Yang bermaksud untuk mereformasi ajaran Hindu
untuk menjadi monotheis (Tauhid) kembali. Kalau tidak salah, ada satu
sekte Budha yang masih mempunyai konsep Tuhan (monotheis) tetapi mereka
minoritas sekarang ini.

Jika benar Dzulkifli itu adalah Budha, tentu penyebutannya di dalam
al-Qur'an ada maksudnya. Dan nama itu familiar bagi orang Arab waktu itu.
Sekalipun ia bukan nabi dari keturunan Ibrahim, tentu cerita mengenainya
telah sampai ke Madinah atau Jazirah Arab.

WalLaahu a'lam.

"idakhouw" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
03/20/2006 07:32 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: The Importance of Qur'aan in our lives-1

Oya, bukannya agama seperti Buddhism sudah melakukannya? (bahkan
sebelum kelahiran agama2 Kristen dan Islam.... entah kalau
dibandingkan Yahudi, eh lebih tua mana ya?)

--Ini kalau mengandaikan Buddhism punya konsep Tuhan seperti konsepnya
 agama2 Timur Tengah :-)

Ida.