Mohon informasinya, apakah Dr. Maurice Bucaille ini juga termasuk orang yang
"kolot" seperti yang Mpok Mia maksud ?

  In Islam there is no contradiction between science and religion. On the
contrary, there is a healthy close and balanced relationship between them both.
In Islam there is a balance between the heart and the mind, between what is
spiritual and ethereal and what is real and down to earth. A divine balance
that gives each its due.

  In this respect Dr. Maurice Bucaille in his book, "The Bible, The Qur'an and
Science: The Holy Scriptures Examined in the Light of Modern Knowledge," says:

  The association between the Qur'an and science is a priori a surprise,
especially since it is going to be one of harmony and not of discord.

  He goes on saying:
  The Qur’an, while inviting us to cultivate science, itself contains many
observations on natural phenomena and includes explanatory details, which are
seen to be in total agreement with modern scientific data.
  The greatness and strength of The Holy Qur’an lies in the fact that the more
science progresses the more it reveals the authenticity and truth of what was
written more than 1400 years ago when the whole world was deeply slumbering in
the darkness of ignorance.
  I do not mean that The Holy Qur’an could be proved by anything outside
Itself, God forbid, but science makes what has been obscure to us clear like
daylight. Science, in this way, is a means of clarification, and it strengthens
and renews one's faith and makes one fears God The Almighty.

  salam

Mia <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Tapi Pak Chodjim, kayaknya 'pembenaran' Quran
sebagai kitab ilmu
pengetahuan itu dilakukan oleh kita-kita yang terpelajar deh.

Saya juga dulu, waktu lagi berangkat remaja dan cari identitas,
demen cari-cari yang seperti gitu.  Tapi ternyata sebagian kita
remaja terus dan cari identitas terus, hahaha..

Mungkin ini bagian dari fenomena kita yang baru melek peradaban,
modernitas dan kemajuan. Dicampur dengan rasa-rasa minder dikit,
gitu, di samping benci-benci rindu kepada peradaban Barat.

Jadi mungkin okelah buat yang muda-muda dan lagi cari identitas,
time will tell. Tapi repotnya kalau pembenaran ini jadi jualannya
remaja-remaja kolot kayak Pak HMNA, Jano Ko....:-( - atawa remaja-
remaja kolot yang pinter mengemasnya dalam MLM, buku, seminar...

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pada umumnya para muslim yang terpelajar sudah membaca hubungan
antara Alquran dan ilmu pengetahuan. Banyak buku tentang itu. Alm.
Profesor Dr. Baiquni (dulu pernah menjabat direktur Batan) juga
menulis beberapa buku tentang penciptaan alam semesta dan Alquran.

> Namun, kita tidak boleh terpesona belaka terhadap ulasan tentang
iptek dalam Alquran. Kita harus tetap bisa mengendalikan diri
sehingga kita tidak menjadi orang yang bisanya hanya melakukan
pembenaran. Kita harus pegangi Alquran sebagai obat (syifa'),
rahmat, mau'izhah, petunjuk, dan sumber hikmah. Jadi, Alquran
bukanlah "kitab ilmu pengetahuan". Alquran merupakan petunjuk yang
memotivasi kita untuk turut serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

> Dalam milis sekaliber WM ini sudah tidak masanya lagi untuk
menakut-nakuti orang-orang yang berusaha menafsirkan Alquran. Perlu
diketahui, pada umumnya orang Islam ketika membaca Alquran adalah
sekaligus menafsirkan Alquran. Mengapa? Karena, Alquran diturunkan
ke dunia bukan sebagai "juklak" maupun "juknis". Alquran
adalah "hudaa wa bayyinat min al-huda wa al-furqan". Semoga tetap
menyenangi Alquran dan membacanya dengan baik, dan Tuhan menyorotkan
cahaya-Nya ke dalam kalbu orang-orang yang membaca Alquran.

> Wassalam,
> chodjim

seenaknya sendiri, harus hati-hati, harus membekali dirinya dengan
banyak ilmu pengetahuan / sains kalau tidak ingin melakukan
kesalahan fatal dalam menafsirkan Al Qur'an.

>   Salam.

        Women   Islam