Jeh..Ulil mendalami Ilmu Agama di Boston.......? Mendalami Liberalisme Iyaaaaaa

ReJa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Komentar Ulil tentang "kasus-kasus unik" di
Tanah Air

  Ulil Abshar-Abdalla, tokoh muda yang sedang mendalami ilmu agama
di Universitas Boston, AS, ikut merasa sedih dengan kian maraknya
"kasus-kasus aneh bin ajaib" di Tanah Air, termasuk Perda Tangerang
dan RUU Porno. Sengaja saya rangkum opini-opininya yang terserak di
milis JIL. Berikut komentarnya:

  Saya menyertai Anda dalam kesedihan ini. Jika benar laporan dari Tangerang
(Banten) itu, ini memang sangat menyedihkan. Sekali lagi, jika benar  laporan
itu, maka ini adalah gambaran dari apa yang pernah disebut oleh seorang pemikir
Mesir, Fahmi Huwaidi, sebagai "al-tadayyun al-mankus",  keberagamaan yang
kebalik, yang sungsang. Dalam pengertian: keberagamaan  yang dimulai dari
ketaatan lahiriah, sementara mengabaikan esensi.

  Tetapi, marilah kita tetap berharap, masyarakat sadar akan kondisi
"sungsang" seperti, lalu kembali menegakkan keberagamaan yang sesuai dengan
tujuan pokok agama itu sendiri: yaitu memuliakan martabat manusia.

  Dulu, saya pernah mewawancarai salah seorang intelektual Muhammadiyah,  Dr.
Moeslim Abdurrahman di Radio 68h. Dia, saat itu, menyatakan bahwa  jika syariat
Islam (dalam interpretasi yang selama ini lazim dikenalkan  oleh para
pendukungnya) dilaksanakan, maka korban pertama adalah perempuan.

  Wawancara itu kemudian dimuat di Jawa Pos, dan menimbulkan banyak protes.
Tetapi, kalau kita mau jujur, itulah yang terjadi dalam hampir seluruh sejarah
modern Islam. Di mana-mana, ketika isu syariat Islam dikampanyekan lalu
(sebagian) dilaksanakan, perempuanlah yang pertama kali menjadi sasaran, dan
dengan sendirinya juga menjadi korban. Ini terjadi di Timur Tengah, Afrika
Utara, Malaysia. Contoh terburuk adalah Afghanistan pada saat rezim Taliban
berkuasa.

  Tetapi, umat Islam yang "ngebet" dengan syariat ini tidak mau melihat fakta.
Mereka yakin dengan membabi-buta, bahwa syariat akan membawa manfaat dan
kesejahteraan bagi umat Islam jika dilaksanakan. Yang dicontoh selalu
pengalaman pada zaman Nabi, Khulafaur Rasyidin, dan praktek-praktek sepanjang
dinasti Islam
setelah itu. Mereka tidak mau melihat bahwa apa yang baik pada zaman dulu belum
tentu baik di zaman sekarang. Mereka selalu marah-marah jika ada pihak yang
menganjurkan agar syariat Islam ditafsirkan
kembali supaya relevan dengan keadaan sekarang. Mereka menuduh para penafsir
ulang syariat itu sebagai kafir, antek Yahudi, Amerika, murtad, dst.  Mereka,
pendeknya, telah dibutakan oleh "doktrin" dan lupa melihat kenyataan seperti di
Tangerang itu.

Menurut saya, kejadian di Tangerang itu hanyalah "lagu ulangan" dari kejadian
serupa di mana-mana. Masalahnya, umat Islam mau belaar atau tidak, mau melihat
fakta atau tidak. Tanpa ditafsirkan kembali, maka makin banyak item dalam
syariat Islam dilaksanakan, makin banyak masalah yang kita tuai, dan makin
banyak korban yang berjatuhan.

  Apakah umat Islam yang ngebet dengan syariat butuh seratus "Tangerang" lagi
untuk sadar bahwa syariat Islam dalam pengertian "konvensional" selama ini
hanya akan menjerumuskan umat ke dalam jurang yang lebih dalam lagi?

  Gerakan untuk setia pada cita-cita NKRI, saya rasa, perlu digelorakan
kembali. Masyarakat harus diingatkan kembali, Indonesia bukanlah negara agama,
bukan negara Islam, tetapi negara yang menaungi banyak kelompok dan golongan.

  Saya kira, Anda bersama teman-teman lain, bisa memikirkan "action plan" untuk
hal ini.

Saya tak mau hidup di padang pasir yang kering dan monoton!

  Ulil Abshar-Abdalla
Department of Religion
Boston University