Mbak Mia,

Maaf neh baru balas. Minggu sampe Selasa kemarin saya pergi ke Anyer
memberikan penyuluhan/sosialisasi bencana gempabumi dan tsunami untuk
guru-guru TK, SD, SMP sampai SMA perwakilan se propinsi Banten dan Lampung.
Memang akhir-akhir ini saya sering ke luar kota euy (hehehe...ga ada yang
tanya ya, maaf kalo ga nyambung).

Jika "watsan" itu artinya "water and sanitation", yes....erat sekali
hubungannya, baik Patmo maupun Antilim. Untuk Patmo, kontribusinya
barangkali dalam penyediaan sumber air, baik air untuk bahan baku air
kebutuhan sehari-hari, air irigasi pertanian, maupun air untuk industri.
Adapun Antilim dapat berperan baik dalam penyediaan air baku (misal:
penjernihan/pemurnian air sungai untuk air baku PDAM), maupun proses
penjernihan air limbah (IPAL: Instalansi Pengolahan Air Limbah). Untuk
penjernihan air limbah, Antilim punya keunggulan dalam hal tidak
perlu peralatan yang banyak sebagaimana IPAL saat ini. Antilim pernah diuji
coba untuk limbah cair industri kertas (pulp), dan hasilnya baik, tinggal
menentukan dosis keburu kekurangan sampel (perlu diketahui, perolehan
sampel air limbah industri pulp tidaklah mudah berhubung sekuriti yang ketat
di lokasi-lokasi pabrik tsb).

Perencanaan perpipaan (piping) jelas bergantung jenis dan lokasi sumber air.
Jika Patmo yang digunakan di daerah hulu dan jauh ke sumber penampungan,
piping mungkin dapat dikombinasikan dengan saluran buatan di alam (bikin
alur sungai kecil dari tempat outlet Patmo ke tempat tertentu menggunakan
gravitasi biasa untuk kemudian disambung dengan perpipaan). Jika pengambilan
air di daerah hulu dan dijernihkan dengan Antilim, piping mungkin digunaka
sejak lokasi pengambilan sampai ke tempat penjernihan). Untuk distribusi
sampai ke sasaran (rumah, industri, dst) jelas semuanya memerlukan
perpipaan. Ala kuli hal, perencanaan piping sangat ditentukan oleh jenis
sumber air dan lokasi atau jarak dari pengambilan ke lokasi target pemberian
air.

Sekian dulu ya Mbak, semoga bermanfaat.

Salam,
manAR