Yang jelas kasihan sama mbak itu. Lagi nyari sesuap nasi saja dikait-
kaitkan dengan Yahudi.

Ulama itu juga patut dikasihani. Mungkin dia pernah baca tulisan
Ridwan Saidi yang bilang gedung Indosat itu dulu bekas tempat
bertemu komunitas Yahudi dan sekarang kata dia Indosat juga jadi
milik Yahudi. "Dari yahudi ke yahudi", katanya. Padahal saham
Indosat itu dibeli Temasek Singapur yang pengurusnya sipit-sipit dan
pesek-pesek semua.

Saya juga sering dengar ceramah atau komentar yang menimpakan hal-
hal jelek  ke yahudi - kadang dilanjutkan dengan nasrani - di
tabloit sejenis sabili. Mungkin saking sebalnya, akhirnya saya
dengan istri sering menanggapi hal ini dengan tertawa, sama seperti
kalau nonton sinetron mistis religius, pemburu hantu, atau
pengbatan "kesurupan".

Selalu mencari sumber kesalahan di luar diri adalah tanda-tanda
inferiority complex.

Yas

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "aishayasmina2002"