Saya tak pernah berusaha menganalogikan Allah dengan apapun awalnya.
Tukang Sulap kek, Dalang kek, Intellegence existence kek, sutradara
yang merangkap kek. Tapi kalau mau dianalogikan Sifat2nya sebagai
Tukang Sulappun oke2 aja karena Sifat Allah Yan Maha Pemberi Rejeki.
Dalangpun bolehlah karena Sifat Allah Yang Maha Mengatur...:-).
Kalau dalam penciptaan manusia seperti yang wan Sabri ceritakan,
saya akan menganalogikan Sifat Allah sebagai Maha Guru Yang Maha
Bijaksana. Dia menciptakan manusia dengan segala keperluan yang
dibutuhkan manusia dan kemudian Dia membiarkan manusia belajar
dengan segala perlengkapannya. Awalnya, Dia mengajarkan Adam as
(direct on indirect?)segala benda yang ada dibumi. Dia mengajarkan
manusia dengan pena. Saya belum nemu di Asmaul Husna Sifat Allah
yang "leyeh-leyeh"...:-)).

Soal jin ada or tidak, manusia yang pengetahuannya terbatas akan
berkata seperti judul lagu "Antara Ada dan Tiada". Kita tengok saja
ayat2 AlQur'an: "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan
supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS51:56)

Al-A'raf 179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka
Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati,
tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan
mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat
(tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi)
tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu
sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka
itulah orang-orang yang lalai.

Bahkan ada satu surah yang diberi nama surah Al-Jin (QS72), yang
ayat pertamanya berbunyi,"Katakanlah (hai Muhammad): "Telah
diwahyukan kepadamu bahwasanya: telah mendengarkan sekumpulan jin
(akan Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah
mendengarkan Al Quran yang menakjubkan,"

dan buanyak lagi.

Kalau kita punya keyakinan bahwa Allah lah yang menuntun kita, tentu
begitulah adanya. Tapi kalau kita tak yakin, begitulah adanya juga
dan semoga tidak menjadi bangga dengan diri sendiri bhw kita yakin
telah menuntun dan menggerakkan diri sendiri kalo menjadi orang yg
berhasil. Manusia emang punya free will mo ikut will yang mana.

Manusia tidak bisa menyalahkan iblis tentunya, karena sudah dikasih
tau iblis (jenis jin) itu ada dan dia suka menggoda, jadi
waspadalah...tapi...manusia tetep saja gak mau waspada. Salah
manusia sendiri toh? Iblis mah gak peduli mo disalahin ato gak.
Kecuali kalo iblisnya manusia...he..he..pasti ngeles kalo disalahin.

wassalam,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "st sabri" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Lina,
> Gusti Allah bukan dalang, tapi intelligence existence. Jadi ketika
Dia