Ini saya ikut nambahi, Mas Ary:
Ya.., itulah sebabnya Mas Ary saya kemarin memberitahu Mas Jano Ko agar
kecintaannya terhadap semua muslim itu realistis. Tidak pilih-pilih, wong
nyatanya orang-orang Islib juga orang Islam yang berpegang pada Alquran dan
Hadis. Tapi, sayangnya..., kalau sudah bersentuhan dengan istilah Islam Liberal
beliau malah su'uz zhan alias berprasangka buruk. Bahkan dalam tulisannya di
bawah masih menyisakan sebuah zhan, yaitu "jangan di judge...kaya judge-nya
Pak.....yang kita
cintai itu .... :(".

Saya terus terang tak mau judge-judge-an, yang ujung-ujungnya berprasangka
buruk pula. Saya blak-blakan terhadap Mas jano Ko dan yang sekarang lagi
membaca tulisan saya-- jadi, saya tak ngrasani..:), kalau cinta sesama muslim,
ya tinggalkan penstigmaan buruk terhadap kelompok-kelompok dalam agama Islam.

Kita harus bisa menerima kenyataan bahwa pemeluk Islam di dunia ini beraneka
ragam, dari yang paling "totaliterisme" hingga yang paling "liberalisme". Ini
kita terima dulu adanya agar kita bisa saling mengapresiasi dalam hidup ini.
Bukankah sesama orang mukmin bersaudara? Bukankah sesama muslim itu bagai batu
dalam bangunan?

Kita butuh ketulusan hidup lahir dan batin agar tidak menstigma suatu kaum itu
jelek, jahat dsj. Kita harus bisa melihat kenyataan bahwa dalam masyarakat
Islam telah tumbuh berbagai aliran. Dan itu menunjukkan keliberalan dalam
masyarakat Islam. Laa rahbaniyyah fi al-islaam, tiada sistem kependetaan dalam
Islam. Masing-masing orang punya selera mau ikut yang mana, yang penting guyub
dan rukun.

Lalu, sekarang bayangkan jika di hari sudah sore begini masiiiihhh saja ada
orang atau golongan yang menyatakan sesat kelompok lain. Kayaknya yang
menyesatkan itu dapat wahyu saja dari Gusti Allah. Padahal, tukang-tukang
penyesat itu ingin menguasai orang lain. Dan, itulah sebenarnya reaksi dari
hawa nafsunya. Jadi, penulis buku-buku yang menyesatkan kelompok lain itu
justru mengikuti setan, tujuannya adalah untuk memecah belah umat Islam! Sudah
jelas difirmankan oleh Allah "innama anta mudzakkir lasta alayhim bi
mushaytir", sesungguhnya engkau (Nabi dan pengikut Nabi) hanyalah penyampai
ajaran dan bukan untuk menguasai (mendominasi) mereka.

Hidup memang berupa praktik, dan bukan sekadar menghafal teks Alquran.
Jelas-jelas di Surah al-Hujurat disebutkan agar kita yang mengaku Islam ini
senantiasa memperbaiki persaudaraan kita, tidak menggunjing dan memandang hina
(sesat) kelompok lain. Ee... tetap saja belum bisa mempraktikkan, bisanya cuma
menghafal teks dan bilang cinta sesama muslim, sedangkan dalam praktiknya masih
memandang nyinyir golongan lain yang tidak sepaham.

Oleh karena itu saya nasehatkan kepada saudara-saudara yang berburuk sangka
terhadap JIL, silakan silatur rahim ke markas mereka di Utan Kayu, Jakarta.
Berdiskusilah dan tanyakan apa yang kurang berkenan. Hendaknya tidak
berspekulasi, karena spekulasi itu temannya setan. Jangan berprasangka karena
sebagian besar prasangka tidak sampai pada kebenaran. Silakan mencaci maki JIL
bila Anda sebagai perseorangan (sekali lagi, Anda perseorangan) merasa
dipecundangi oleh JIL, seperti He-Man yang secara jantan membenci PKS dan
harakah lainnya karna He-Man berpengalaman disatroni oleh mereka. Meski kalau
menurut Alquran, kita harus pandai memaafkan.. :))

Tapi, jangan membenci sesuatu yang karena ikut-ikutan. Apalagi sebagai orang
Jawa yang dididik hidup andhap-asor, rendah hati; bagaimana mungkin kita
membenci sesuatu yang kita sendiri tidak dibenci atau dimusuhi mereka? Kita
juga harus bisa membedakan antara "makna kata dalam kamus" dan "label
kelompok". Mana yang Anda pilih, minyak samin "cap babi" atau minyak babi yang
berlabel halal? Mana yang Anda pilih, hidup santun yang berlabel liberal atau
hidup penuh dendam, kebencian, dan kemarahan kepada kelompok lain tapi berlabel
"ASWAJA"?
Wah, saya jadi khutbah jumat dan menasehati... :)

Wassalam,
chodjim