oke.. nanti aku bikin LSM aja biar dana bantuan dari luar negeri tepat
guna dan tepat sasaran. memang kalo lewat pemerintah terlalu ruwet.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> http://www.kompas.com/kompas-cetak/0604/08/utama/2567101.htm
>

> Indonesia Tak Dipercaya
>
> Pemerintah Siapkan Mekanisme Dana Amanah
>

> Jakarta, Kompas - Selama ini banyak lembaga yang sebenarnya ingin
menyumbangkan dananya untuk penanggulangan kemiskinan di Indonesia.
Hanya saja, karena terkait dengan faktor kepercayaan, mereka kesulitan
mencari lembaga yang tepat untuk menyalurkan sumbangan tersebut.

> Menyadari kenyataan itu, pemerintah kini tengah mengkaji mekanisme
dana amanah/perwalian untuk penanggulangan kemiskinan. Mekanisme ini
diperlukan untuk pembentukan suatu lembaga yang akan menampung dana
dari masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri.

> "Pemerintah baru menyiapkan mekanismenya, belum membentuk lembaga.
Kami akan memfasilitasi siapa pun untuk mengembangkan hal ini. Salah
satunya adalah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Mereka akan
mengembangkan dana semacam trust fund," kata Sujana Ruyat, Deputi VI
Menko Kesra Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Jumat (7/4) di Jakarta.

> Tiga hal mendasar
>
> Sujana Ruyat menyatakan, fokus agenda koordinasi penanggulangan
kemiskinan, dari berbagai kajian, memang banyak masalah. Namun,
pemerintah hanya memfokuskan pada tiga hal yang sangat mendasar dan
banyak permasalahannya, yaitu pendataan, pendanaan, dan kelembagaan.

> Pendataan diambil dari data dasar Badan Pusat Statistik (BPS) dan
instansi lain melengkapi. Verifikasi dilakukan bersama oleh BPS, Badan
Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Koordinasi Keluarga Berencana
Nasional, dan pemerintah daerah setempat. Setiap tahun akan dilakukan
dua kali verifikasi karena jumlah penduduk miskin pasti berubah, jadi
harus ada pembaruan data. Setelah dipetakan, diharapkan penduduk
miskin tidak saja diketahui dari data statistik, tetapi juga harus
diketahui mereka tersebar di mana saja.

> Mengenai pendanaan, penguatannya adalah dengan melancarkan proyek
penanggulangan kemiskinan, baik yang dilakukan daerah maupun pusat.
Tahun 2005 ada 55 proyek yang disiapkan untuk penanggulangan
kemiskinan, termasuk upaya pemberdayaan masyarakat.

> Proyek ini tersebar di 16 departemen dan lembaga pemerintah
nondepartemen senilai Rp 23 triliun. Tahun ini, 55 proyek yang lama
akan ditambah dengan 17 proyek baru yang tersebar di 17 departemen dan
nilai proyeknya sekitar Rp 32 triliun.

> Untuk kelembagaan, dilakukan pemberdayaan kelompok-kelompok
masyarakat yang telah berkembang. Juga penguatan kelembagaan lintas
pelaku di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota dalam pengurangan
kemiskinan. Juga keterlibatan dunia usaha dan lembaga swadaya
masyarakat. (LOK)