pak tambah sikit je.. walau saya mencoba mengomentari bung karno dengan term2
keislaman, bukan berarti saya menafsiri secara ceroboh (yang mengarahkan
nasionalisme islami) terhadap fenomena tokoh besar ini . sama sekali tidak,
bung karno adalah tetap bung karno sebagai seorang nasionalis sejati..

D'Laudza <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  pak joko, biar terkesan take n give, saya
juga akan melihat fenomena bung karno dari term2 keislaman, taruhlah contoh
pembubaran masyumi. dalam term ushul fiqh itu ada istilah " mulja' ", dulu
waktu masih rajin buka2 buku ushul fiqh, jam'ul jawami'. dalam kasus ini
dicontohkah orang yang jatuh dari atas tempat yang tinggi, dimana dibawahnya
ada dua orang, satu orang alim dan satunya adalah orang bodoh (dalam artian
luas). andai orang jatuh itu mempunyai kuasa maka dia harus jatuh pada orang
kedua, orang yang bodoh untuk melindungi orang yang alim. atau yang lebih pas
kita contohkan pada seorang nahkoda di tengah samudera luas yang tiba2 bahtera
kapal mau tenggelam. dalam konteks yang demikian, tentu seorang nahkoda yang
bijak akan melakukan tindakan bijak demi menyelamatkan kapal yang dicintai dan
menjadi tanggung-jawabnya itu, yakni dengan membuang barang2 yang tak penting,
kalau masih belum cukup membuang manusia (dengan urut2an
 membuang yang paling tidak berguna dulu dan
seterusnya) pun boleh, sekali lagi demi menyelamatkan kapal tersebut.

  pun dengan juga bung karno sebagai seorang nahkoda bangsa, dengan daya
visualisasi-nya jauh kedepan, beliau dapat membaca gelagat buruk yang akan
menimpa bangsa yang beliau cintai. sehingga demi cinta dan untuk menyelamatkan
bangsa beliau tidak boleh tidak harus membubarkan masyumi, dan mungkin masih
banyak lagi tindakan preventif yang pernah dilakukan bung karno untuk
menyelamatkan bangsa ini. sebenarnya, kalau kita mampu menyelami relung
terdalam sanubari tokoh besar ini, kita akan menemukan bahwa beliau sama-sekali
tidak mengingin peperangan yang banyak menumpahkan dara itu, namun beliau juga
terpaksa harus berperang demi sebuah perdamaian untuk bangsa yang beliau cintai
ini.. begitulah mungkin untuk menggambarkan besarnya kecintaan bung karno
terhadap rakyat dan bangsa indonesia ini..

Jokotole <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  hehe.. bener pak, sebenarnya ajaran bung karno adalah ampuh, maaf walau
sukarno adalah seorang nasionalis yang tidak islami, tapi ketika saya membaca
buku "Ikut mengantar ke Gerbang revolusi" saya menemukan beberapa bait
perkataan tokoh besar ini yang sangat memukai bak mutiara dalam dalamnya
samudera, aku merasakan bahwa bung karno adalah seorang wali, maaf saya bukan
wali..hehe.. tapi minimal pernah baca kitab hikam -:)..

  juga, siapa yang bisa memungkiri bahwa bung karno mempunyai daya visualisasi
jauh kedepan yang begitu tajam, sehingga dia mampu meramal terjadinya peperang
di asia pasifik jauh sebelum peperangan itu terjadi, dia juga sering mengutip
gubahan sang peramal legendaris, joyoboyo tentang kemerdekaan NKRI. Dan lebih
menarik lagi, ketika beliau berkuasa, indonesia mempunyai armada laut yang
sangat disegani di asia.. bahkan sukarno dengan lantang pernah meneriakkan
"Ganyang Malaysia", kalau sekarang kan sebaliknya malah malaysia yang mau
ceroboh NKRI, lihat kasus ambalat.. ini kan lucu.. kalau bicara islam sekarang
jadi lucu, karena perdebatan sukarno dan m nastir udah berahir, piagam jakarta
udah direvisi, masyumi telah dibubarkan dan masih banyak lagi..

D'Laudza <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  sebenarnya kegagalan orang islam bukan sekarang, itu keliru. tapi udah jauh
berpuluh2 tahun yang lalu.. -:) kan mereka hanya berlagak aja.. biar jenggotnya
tidak terlalu terbakar, apakah perbuatan yang demikian bener.. ah sama sekali
tidak, itu semua hanya pembungkaman realitas yang sama sekali tidak effective..
buang2 waktu jek..

st sabri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  ketika komunisme bangkrut  dan gagal,
semua orang bilang komunisme yg
gagal. ketika kapitalisme dianggap tidak fair dalam beberapa hal,
kapitalisme dianggap bukan sistem yg baik. Ketika bangsa dengan
mayoritas memeluk Islam gagal ..... yg gagal orangnya :=)) opo tumon.

menurut saya sih, pengajaran Islam di Indonesia sudah gagal. Hal
paling kasat mata, muslim indonesia sangat shalih secara individu,
tapi tidak secara sosial. Jumlah jemaah haji indonesia salah satu yg
terbesar di dunia, tapi mengentaskan kemiskinan sangat berat. Artinya
banyak orang rela menghabispan puluhan juta untuk keperluan Tuhan
(yang udah Muahaaa kaya) tapi enggan menyisihkan buat si fakir miskin
:=)) masyarakat lebih menghormati yang dah naik haji dibanding yg
memiliki sekian anak asuh.

berlomba lomba membangun masjid, tapi enggan membangun sekolahan,
balai latihan kerja atau asrama gelandangan, atau sarana kesehatan
buat fakir miskin ....

contoh lagi, tokoh islam klasik, hidup sederhana tapi hartanya
ditumpuk bak si qorun ... coba baca berapa warisan yg ditinggalkan
utsman ibn affan, khalid bin walid ....

salam ....

ps : kemampuan mentertawakan diri sendiri adalah salah satu tanda
kebijaksanaan.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Flora Pamungkas"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Sabri :
> Menurut saya, bukan Islamnya yang salah dan gagal. Kembali kepada
manusia,
> pelakunya.
> Maka saya lebih setuju untuk merubah judul film tersebut dengan ADA APA
> DENGAN ORANG ISLAM (Indonesia).
> Salam
> Wahyu Pamungkas
>

> Message: 7
>    Date: Sun, 09 Apr 2006 02:24:15 -0000
>    From: "st sabri" <[EMAIL PROTECTED]>
> Subject: Re: DEFISIT KAPASITAS DAN KAPABILITAS ......ANDAIKAN.......
>
> pak wahyu,

> [...]

JOKOTOLE

JOKOTOLE pahlawan dari Madura..
JOKOTOLE hidup pada masa Majapahit jaya..
Kekuasaan wilayahnya adalah dasar wujud Nusantara
Nusantara menjelma menjadi bangsa Indonesia

JOKOTOLE rela berkorban demi kejayaan Nusantara..
JOKOTOLE berperang melawan pembangkang Nusantara..
Medan juangmu tetap hidup dalam ingatan hamba
DAN.. semangat juangmu tetap membara membakar jiwa hamba

Jokotole
03/08/05