Hah, masak iya soal arloji bikin orang jadi kafir di depan Tuhan..:(
Lagian, apa gak dosa tuh pak Albany nuduh Gusti Allah rasis sama
orang kidal?
Gile bener deh kiai-kiai jurusan definisi al kafirun ini...:((

Enaknya gw saranin pak Albany supaya "get the real job, Pak!"
Ketimbang bikin tuduhan Gusti Allah rasis...:((

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Refleksi :
>
> 1. Saya memang dari dulu memakai jam tangan di sebelah kanan.
Alasannya sebagai islam sebaiknya mendahulukan yg kanan.
> Tapi orang yg memakai jam tangan di sebelah kanan sering dianggap
kidal :-)
> 2. Memakai jam tangan di sebelah kiri, kafir?
> Itu pendapat yg mengada-ada..... :-)) Kalo nggak mau disebut
kafir, ya jangan memakai jam tangan :-))
> Jam tangan di buat pertama kali oleh orang 'kafir' :-))
> 3. Kebanyakan orang yg tidak kidal, mereka lebih sering
menggunakan tangan kanan daripada tangan kiri.
> Sehingga mereka agak sulit untuk memasang arloji di tangan kanan.
> 4. Tapi orang kidal juga ada yg menggunakan jam tangan di sebelah
kiri. Karena sampai sekarang tombol pemutar/pengatur jam tangan
selalu terletak di dekat angka 3 - sisi kanan arloji. Bagi yg kidal,
atau tidak kidal juga yg ambidekster tidak terbiasa -canggung untuk
memutar jam dengan tangan kiri.
> 5. Hampir tak ada perancang arloji mencoba memasarkan arloji
khusus untuk orang kidal. Meski ada juga perancang yg nyentrik
membuat rancangan jam tangan dengan pemutar yg terletak di dekat
angka 9 - sebelah kiri jam.
> 6. Dulu, guru saya di SMP Muhammadiyah adalah seorang ambidekster.
Ia menulis - dengan tangan kanan dan kiri sama bagusnya.
> Ia yg memotivasi murid2nya untuk tidak selalu terus2-an
menggunakan tangan kanan.
> 7. Orang yg memakai jam tangan di sebelah kanan [ tidak kidal]
yg 'kafir' sekalipun sering dianggap orang yg penuh rasa percaya
diri. Para tentara, polisi, pemimpin, artis sering menggunakan
arloji di tangan kanan. Tapi pendapat ini masih perlu di kaji lagi.

> salam
> l.meilany
>   ----- Original Message ----- From: Andri Purnomo- KajiaNet
>
>     LETAK JAM TANGAN
>     Oleh : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani
>
>    Pertanyaan :
>     Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani ditanya: Kami melihat
sebagian orang memakai jam tangan di tangan kanan, dan mereka
berkata bahwa yang demikian itu sunnah, ada dalilnya?
>   Jawaban :
>     Kami berpegang teguh dalam masalah ini dengan kaidah umum yang
terdapat dalam hadits Aisyah di dalam Ash-Shahih, ia berkata.
>    "Artinya: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai
menggunakan (mendahulukan) tangan kanan dalam segala sesuatu, yaitu
ketika bersisir, bersuci, dan dalam setiap urusan"
>   Dan kami tambahkan dalam hal ini, hadits lain yang diriwayatkan
dalam Ash-Shahih, bahwa beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam
bersabda, "Artinya: Sesungguhnya Yahudi tidak mencelup (menyemir)
rambut-rambut mereka, karena itu berbedalah dengan mereka, dengan
cara menyermir rambut kalian".
>   Juga hadits yang lain yang di dalamnya terdapat perintah untuk
berbeda dengan musyrikin.

>     Maka dari hadits-hadits tersebut dapat kami simpulkan bahwa
disunnahkan bagi seorang muslim untuk bersemangat dalam membedakan
diri dengan orang-orang kafir.

>     Dan sepatutnyalah untuk kita ingat bahwa membedakan diri dari
orang kafir, mengandung arti bahwa kita dilarang mengikuti adat
kebiasaan mereka. Maka tidak boleh bagi seorang muslim untuk
menyerupai orang kafir, dan sudah selayaknya bagi kita untuk selalu
tampil beda dengan orang-orang kafir.

>     Di antara adat kebiasaan orang kafir adalah memakai jam tangan
di tangan kiri, padahal kita mendapatkan pintu yang teramat luas di
dalam syari'at untuk menyelisihi adat ini. Walhasil mengenakan jam
tangan di tangan kanan merupakan pelaksanaan kaidah umum, yaitu
(mendahulukan) yang kanan [1], dan juga kaidah umum yang lain yaitu
membedakan diri dengan orang-orang kafir.

>     [Disalin dari buku Fatwa-fatwa Syaikh Nahsiruddin Al-Albani,
Penerbit Media Hidayah]

>     Foote Note
>     [1]. Yaitu di dalam hal-hal yang baik dan mulia, sebagai
pemuliaan anggota tubuh bagian kanan.